Asal-Usul Ikan Nila

"budidaya ikan nila"
Pusatmakalah
Superperikanan- Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar untuk kosumsi, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan pipih ke samping berwarna putih kehitaman, habitat Ikan nila berasal dari Sungai Nil dan danau-danau di sekitarnya.

Sampai saat ini ikan nila telah tersebar ke negara-negara di lima benua yang beriklim tropis dan subtropis, di iklim yang dingin ikan nila tidak dapat hidup dengan baik, ikan nila merupakan ikan yang banyak digemari karena rasa dagingnya yang enak dan lembut, harganya juga tergolong murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan, dan yang pasti mengandung banyak protein.

Setelah dilakukan penelitian dan adaptasi pada tahun 1969, barulah ikan nila ini disebarluaskan oleh pemerintah melalui Direktorat Jendral Perikanan. Oreochamis Niloticus adalah jenis ikan nila yang pertama kali masuk ke Indonesia dan jenis mossambique atau lebih dikenal dengan mujair.

Ikan nila melakukan migrasi secara alami dari habitat aslinya di Sungai Nil di Uganda (bagian hulu Sungai Nil) ke arah selatan melewati Danau Raft dan Tanganyika hingga ke daerah Mesir (sepanjang Sungai Nil). Ikan nila juga terdapat di Afrika tengah dan bagian barat.


Populasi terbanyak ditemukan di kolam-kolam ikan di Chad dan Nigeria. Dengan adanya campur tangan manusia ikan nila telah tersebarluas ke berbagai daerah hinggga saat ini, mulai dari Benua Afrika, Eropa, Australia, Amerika, dan Asia.

Nila awalnya dimasukkan ke dalam jenis Tilapia Nilotica atau ikan dari golongan Tilapia yang tidak mengerami telur dan larva dalam mulut induknya, seiring perkembangan waktu, para ahli perikanan memasukkannya ke dalam jenis Sorotherodon niloticus atau kelompok ikan Tilapia yang mengerami telur dan larvanya di dalam mulut induk betina dan jantan.

Pada akhirnya, diketahui bahwa hanya betina saja yang mengerami telur di dalam mulutnya. Kemudian para pakar perikanan memutuskan nama ilmiah yang cocok untuk ikan ini adalah Oreochromis Niloticus atau Oreochromis Sp.

Berikut ini klasifikasi lengkap ikan nila:

Filum        : Chordata
Subfilum   : Vertebrata
Kelas        : Pisces
Subkelas  : Acanthopterigii
Ordo         : Perciformes
Familia      : Cichlidae
Genus       : Oreochromis
Spesies     : Oreochromis niloticus

Para pembaca setia, itulah penjelasan tentang asal-muasal ikan nila yang dapat superperikanan persembahkan, jika ada kritik dan saran yang bersifat positif silahkan sobat berikan di kolom komentar.

Mohon maaf untuk yang nyepam, kami tidak akan mempublikasikannya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel