7 Rahasia Mancing Ikan Mas yang Jarang Diketahui Orang

mancing ikan mas
Ilustrasi: ikan mas

Ikan mas (Cyprinus Carpio) merupakan ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, selain karena dagingnya enak dan gurih kandungan proteinnya pun cukup tinggi.

Ikan mas mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1810 yaitu pertama sekali di daerah Ciamis, Jawa Barat, namun pertama dipelihara sekitar tahun 1860 kemudian baru berkembang ke daerah lain di Jawa Barat dan akhirnya dikenal juga di seluruh wilayah Indonesia. Mengenai asal usulnya, memang ikan Mas masih dalam spekulasi, ada sebagian kalangan yang mengatakan ikan Mas berasal dari Rusia dan cina.


Habitat asli ikan mas adalah di perairan tawar yang dangkal dengan aliran air yang tidak terlalu deras, di pinggiran sungai atau di danau misalnya. Ikan mas dapat hidup dengan baik pada ketinggian antara 150-600 meter di atas permukaan laut dan pada suhu 25-30°C, meskipun ikan ini masuk golongan ikan air tawar  ikan mas juga sering ditemukan di daerah air payau atau muara sungai. Ikan ini bisa hidup di air yang bersalinitas 25-30 ppt.

Berikut klasifikasi ikan mas menurut Saanin (1984): 

Klasifikasi Ikan Mas
Philum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Ctinopterygii
Familli Cyprinidae
Genus Cyprinus
Spesies Cyprinus carpio

Nah, apakah Anda salah satu orang yang gemar mancing ikan mas? Jika iya, alangkah baiknya Anda mengunjungi tambak atau kolam pemancingan. Memancing ikan mas memang termasuk sangat sulit dan memerlukan umpan yang tepat untuk membawa pulang ikan yang banyak.

Jika Anda bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, jangan khawatir, Superperikanan akan memberikan trik untuk memancing ikan mas yang sangat ampuh dan tentunya Anda senang. Berikut ini cara memancing ikan mas:

1. Sediakan alat yang lengkap
Untuk memancing ikan mas, tidak hanya soal umpan ekstra banyak dan jitu yang perlu dipersiapkan, melainkan alat pancinglah yang harus dipersiapkan dengan baik dan lengkap, apalagi soal senar, kail, dan juga pelampung.


2. Menggunakan senar kecil 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, senar yang Anda gunakan haruslah yang paling halus, kecil, dan tentunya kuat agar saat dipakai untuk memancing bisa mengelabui ikan yang makan umpan pancing Anda.

3. Buat pelampung yang bagus

Pasang kail yang kecil dan pelampung yang tidak terlalu besar tapi kuat dengan diameter batangnya juga harus kecil pula, tujuannya adalah saat ikan mengenai umpan tidak akan lari kesana-sini.

4. Gunakanlah umpan tepat

yang jitu dan ampuh untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan mas yang banyak. Anda bisa menggunakan  umpan yang terbuat dari bahan telur bebek,kroto, susu, susu bubuk, dan potongan keju. Bahan terlebih dahulu dihaluskan untuk kemudian dijadikan sebagai pelet mancing ikan mas.

5. Teknik lempar senar yang tepat

Lemparkan senar dan umpan ke tempat sasaran saat memancing atau lebih tepatnya senar dan kail berada jauh ke dalam air dan pelampungnya mengapung namun harus sedikit terendam di air agar tidak membentuk bayangan.

6.Sabar

Sabar hingga umpan dimakan oleh ikan mas. Jika terdapat getaran atau tarikan yang berat, itu artinya ikan mas sedang melahap umpan Anda, segera ulur dan tarik dengan cepat ke atas secara hati-hati supaya ikannya tidak terlepas lagi, kemudian angkat ikan yang sudah terkait di kail.

7. Doa

Dalam memancing ikan juga perlu yang namnya doa, maka sebelum berangkat mancing berdoalah kepada tuhan agar diberikan rezeki yang banyak, Apabila langkah nomor 6 masih belum berhasil, coba lagi sampai tepat sasaran dan sabar menunggu sampai ikan mas memakan umpan sobat.

Memancing ikan memang suatu pekerjaan yang menyenangkan, namun dalam memancing kita juga harus banyak bersabar dan berdoa kepada tuhan. Jika sobat sudah berusaha tapi ikan yang sobat dapatkan juga belum sesuai harapan berarti sobat harus banyak tawakkal dan meminta lagi kepada sang khalik.

Demikian saja dulu trik ampuh mancing ikan mas, semoga bermanfaat bagi sobat superperikanan baik tingkat pemula maupun yang sudah profesional dan semoga bisa membawa pulang hasil pancingan yang banyak. Jika ini bermanfaat buat sobat maka silakan berbagi juga untuk orang lain. bukankah berbagi itu indah? salam superperikanan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel