9 Manfaat Penting Ikan Lele Untuk Tubuh

ikan lele

Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan yang bisadimanfaatkan secara langsung oleh tubuh, sama halnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air, dan mineral. Tubuh kita membutuhkan gizi yang seimbang, terlebih pada anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan. Di masa tumbuh kembang balita yang berlangsung secara cepat membutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat dan juga seimbang.

Ikan lele (Clarias batracus) memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia, Ikan lele adalah jenis ikan konsumsi yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, ikan ini sangat mudah untuk dibudidaya dan juga tidak membutuhkan biaya produksi yang banyak. Akan tetapi ikan yang memiliki sepasang sungut ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat dunia khususnya di tanah air kita, Indonesia. Jika ditelisik lebih lanjut, dibalik semua itu ikan lele memililki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, gizi yang terkandung dalam ikan lele ini mampu membantu menjaga kesehatan.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan lele untuk kesehatan tubuh :
1. Kaya Akan Protein
Terdapat kurang lebih 15,6 gr protein pada 1 ekor ikan lele yang berukuran sedang. Jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan protein kita yang ingin membangun massa otot. maka jika Anda ingin memiliki tubuh ideal yang padat dan berotot, mengkonsumsi ikan lele adalah sangat disarankan.

2. Kaya Asam lemak omega 3
Ikan Lele memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, sama halnya dengan ikan salmon. Nutrisi tersebut sangat ampuh untuk menjaga kesehatan otak dan juga jantung manusia. Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Kaya Akan Fosfor
Tidak hanya kaya omega-3 saja, ikan lele juga mengandung Fosfor dalam tubuhnya hingga mencapai 167 mg/ 100 gram, jelas lebih tinggi daripada telur yang memiliki kandungan Fosfor yaitu hanya 100 mg. Fosfor bermanfaat untuk menyuplai energi dalam metabolisme lemak dan pati, oleh karena itu hal ini sangat bagus untuk menunjang kesehatan gusi dan gigi anda, membantu sistesis DNA.

4. Ikan Lele Kaya Vitamin B 12
Kandungan vitamin B-12 yang juga terdapat dalam tubuh ikan lele dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Vitamin ini membantu untuk membuat kita lebih bertenaga dan menjaga tubuh tidak mudah lelah dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. 1 ekor ikan lele mampu memenuhi 40% kebutuhan vitamin B-12 manusia.

5. Membantu Kesehatan Kardiovaskuler
Kalium dan natrium yang ada dalam tubuh ikan lele mencapai 24,5: 1, ini tergolong sangat tinggi sehingga sanggup menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah manusia. makanan yang baik untuk kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5 : 1.

6. Baik Untuk Pembentukan Tulang dan Gigi
Kandungan mineral fosfor yang ada dalam  tubuh ikan lele merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mineral fosfor ini berperan aktif dalam membentuk tulang dan gigi. Jika tubuh kita kekurangan mineral fosfor dapat mengalami tulang keropos yang pada akhirnya akan mengakibatkan kelumpuhan apabila kekurangan asupan mineral yang satu ini.

7. Ikan Lele Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Selain berguna untuk pertumbuhan otak, Para peneliti juga telah menemukan manfaat lain asam lemak omega-3, yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit kita, terutama dari dermatitis dan ekzema, dan juga mammembantu dalam pembentukan cerebral cortese otak.

8. Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Untuk membantu penyambuhan luka pasca operasi, maka kita membutuhkan ikan lele, ikan ini sangat baik untuk membantu penyembuhan luka karena kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan ini. jadi jangan pernah ragu, jika anda mengalami luka sangat dianjurkan untuk makan ikan lele.

9. Dapat Membuat jantung dan otak sehat
Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat dalam tubuh ikan lele setara dengan yang dimilliki ikan salmon. lele memiliki manfaat yang sama juga. Ikan lele sanggup memberikan pasokan 220 mg asam lemak omega-3 dan juga 875 mg asam lemak omega-6

Demikian ulasan tentang nanfaat ikan lele yang jarang diketahui oleh banyak orang, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi sobat Superperikanan semua. jika menurut Anda bermanfaat, silahkan berbagi untuk orang lain, Salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel