Cara Melakukan Pemijahan Ikan Black Ghost

ikan black ghost

sekilas tentang ikan blak ghost
Ikan black ghost (Apterontus albifrons), adalah ikan yang berasal dari sungai Amazone dan Surinam. Ikan ini dikenal sebagai "Setan Hitam," nama itu diberikan karena fisiknya berwarna hitam kusam (warna putih hanya ada pada pangkal ekornya), ikan ini memiliki kebiasaan bersembunyi di tempat yang gelap pada siang hari, dan baru melakukan aktivitas di saat malam hari tiba.

Ikan black ghost dikenal pula dengan sebutan "Si Penari Balet," alasannya karena gerakannya yang mundur-mundur maju dan jungkir. Tidak hanya itu saja, ikan ini ada juga yang menyebutnya "Si Bulu Ayam", karena saat bergerak membentuk sudut 90 derajat, tubuhnya seperti bulu ayam tegak yang berwarna hitam.

Ciri-Ciri Fisik
Ikan black ghost memiliki panjang tubuhnya mencapai 47 cm, bermata kecil, tapi bersinar serta bersirip perut panjang yang elastis, saat bergerak ikan ini seperti orang berjubah, mirip seperti hantu. Namun pada kenyataannya ikan ini bukanlah tipe ikan yang ganas. Oleh karena itu, ikan ini cocok untuk penghias akuarium, karena tidak pernah usil terhadap ikan lain.

Sebaiknya ikan Black Ghost jangan dicampur dalam satu akuarium dengan ikan yang bersifat pemangsa terhadap ikan lain. Ekornya yang selalu bergerak seringkali dianggap cacing oleh ikan yang lain. Maka sering terjadi ekornya buntung dimangsa oleh ikan predator. Akan tetapi ekor yang hilang itu akan tumbuh kembali. Black Ghost cocok dicampur dengan ikan Russianensis atau ikan koki Black Moor.

Senang Gelap
Selain diberi aerator, sebaiknya wadah atau akuarium juga perlu dipasangi aksesories untuk pemeliharaan ikan Black Ghost. Tujuan memasang aksesories selain untuk memperindah tampilan akuarium, juga sebagai tempat persembunyian ikan ini pada saat siang hari. Sebaiknya, hindarilah pemilihan aksesories yang memiliki warna mencolok. 

Carilah batu-batuan yang berwarna hitam atau bisa juga memakai kayu. Ikan ini  tidak menyukai warna cerah, karena ikan black ghost tidak memiliki penglihatan yang kuat untuk menahan sinar maupun warna-warna yang cerah, seperti warna oranye dan merah.

Ikan ini lebih banyak aktif pada malam hari (nocturnal), mulai mencari makan hingga bereproduksi, hidup bersembunyi di sela-sela batu, tanaman air dan akar pohon. Di alam bebas, panjann ikan Black Ghost bisa mencapai 48 cm, sedangkan jika  di budidaya di kolam rata-rata ukuran panjangnya hanya mencapai 26 cm.

(Baca juga: Macam-macam Jenis Ikan Arwana)

Cara memelihara ikan black ghost ini cukup mudah, dalam sehari ikan black ghost cukup diberi pakan 2 kali saja, yaitu pagi dan sore hari. Pakan ikan black ghost bisa berupa cacing merah (blood worm)  dan juga cacing sutra (tubifex). Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan Black Ghost adalah pengontrolan kualitas air. 

Jika air yang digunakan tidak sesuai dengan pola hidupnya, Maka bisa dipastikan pertumbuhannya tidak akan maksimal. Air akuarium sebaiknya diganti setiap 3 hari sekali dengan menggunakan air sumur yang sudah diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam dengan aerator, usahakan jangan menggunakan air yang mengandung kaporit.

Menurut Loka Riset Budidaya ikan Hias Air Tawar, Pusat Riset Budidaya Perikanan, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, suhu air yang cocok untuk ikan black ghost adalah 26-27°C, dan pH 6-7. Namun untuk mengetahui kualitas air, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan pH meter.

Salah satu cara tradisioanal untuk mengetahuinya kualitas air cocok dengan ikan ini adalah dengan melihat reaksi ikan terhadap air yang digunakan. Caranya, masukan beberapa ekor black ghost ke dalam akuarium, bila ikannnya langsung diam di dasar akuarium dan bersembunyi, berarti air itu cocok.Namun bila black ghost  naik ke atas permukaan air, megap-megap dan lemas, berarti air tersebut tidak cocok dan segera diangkat ikannya sebelum stres dan pada akhirnya mati

Perbedaan Jantan dan Betina
  
Ikan betina. foto: @unair.ac.id
Ikan jantan. foto:@alaminiindah.blogspot.com

Sama halnya dengan ikan lain, betina dan jantan bisa dibedakan dari tanda-tanda fisiknya atau postur tubuh. ikan jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar, panjang, ramping dari betina, dan lurus. Ikan jantan juga memiliki gerakan lebih agresif.

Sedangkan betina bertubuh lebih mungil, gemuk, pendek dan tidak lurus. Gerakan betina tidaklah selincah jantan. Ikan black ghost bisa dipijahkan pada usia satu tahun, dengan panjang tubuh 20-30 cm.

Pemeliharaan Induk
Induk ikan black ghost biasanya dipelihara dalam wadah, bisa berupa akuarium dan juga sejenisnya. Caranya, siapkan dua buah akuarium lebar 60 cm, panjang 80 dan tinggi 40 cm, satu untuk betina dan juga satu untuk jantan, selanjutnya keringkan aquarium selama 2 hari, isikan air bersih setinggi 30 cm, jangan lupa untuk pasangkan dua buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan harus dihidupkan selama pemeliharaan induk.

Langkah selanjutnya, masukan 10 ekor induk, berikan pakan tambahannya juga berupa cacing darah (blood worm), cacing sutra (tubifex), dan jentik nyamuk secukupnya, lakukan penyiphonan air setiap 3 hari sekali atau jika keadaan air sudah keruh, tujuannya adalah untuk menghindari timbulnya penyakit.

Pemijahan
Black ghost bisa dipijahkan secara berpasangan. Pemijahan itu dilakukan di akuarium. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari, isi air bersih setinggi 30 cm, pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pemijahan.

Baca juga: Apa Itu Ikan Nocturnal dan Ikan Diurnal?

Masukan 6 buah potongan paralon 3 inci sepanjang 30 cm, masukkan 3 ekor induk jantan, masukan pula 4 ekor induk betina, beri pakan tambahan berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya, pada sore hari.

Letakan 3 buah lempengan pakis panjang 20 cm dan lebar 10 cm (tempat bertelur) di atas dua paralon (seperti paranggong), letakan 10-15 buah batu kerikil sebagai pelindung telur dan pemberat. Pemijahan biasanya terjadi mulai sore hingga malam hari. Telur akan menempel pada lempengan pakis. Telur yang baik berwarna kuning cerah diliputi lendir. Sedangkan telur yang kurang baik berwarna putih susu.

Pemijahan Secara Massal

Black ghost juga bisa dipijahkan secara massal. Pemijahan dilakukan di dalam bak fibreglass atau bak yang terbuat dari semen. Caranya, siapkan bak fibreglass ukuran panjang 2,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 0,5 m, keringkan terlebih dahulu selama 3 hari, masukkan air setinggi 30 cm.

Pasang 6-8 titik aerasi, masukan 20 potongan paralon 3 inchi sepanjang 30 cm, masukan 8 ekor jantan, masukan juga 16 ekor betina, berikan makanan berupa nyamuk atau cacing merah, letakan 10 buah lempengan pakis di atas dua paralon, letakan juga puluhan krikil sebagai pelindung telur dan pemberat pipa.

Penetasan dan Pemeliharaan Larva

Telur ikan black ghost  harus ditetaskan di akuarium lain. Langkahnya, siapkan satu buah akuarium panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm, keringkan 2 hari aquariumnya, masukkan air bersih setinggi 30 cm.

Pasang 4 buah titik aerasi di setiap akuarium dan juga hidupkan aerator-nya selama waktu penetasan, ambil pakis yang telah berisi telur pada pagi hari dan taruh ke dalam akuarium penetasan, biarkan telur menetas selama 3-4 hari, larva tersebut akan bersembunyi di sela-sela pakis. Perubahan warna akan terjadi dari putih menjadi hitam.

Larva ikan diberikan pakan berupa artemia selama dua minggu jika sudah memasuki umur 3 hari. Dua minggu berikutnya diberi pakan berupa jentik nyamuk atau cacing yang dicincang halus. Penetasan telur dan pemeliharaan berlangsung selama sebulan.

Pembesaran
Pembesaran ikan ini dilakukan di akuarium. Caranya, siapkan sebuah akuarium berukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm, lakukan pengeringan juga selama dua hari, isikan air bersih setinggi 30 cm, pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama waktu pembesaran, masukan 20 potongan pipa paralon sesuai ukuran tubuh benih sebagai tempat perlindungannya, masukan 200-260 ekor benih yang berukuran 1,5 inchi, berikan makanan berupa cacing darah atau cacing sutra dan bisa juga jentik nyamuk.

Lakukan penyiponan (penyedotan dasar aquarium) air setiap tiga hari sekali atau bila air sudah kotor. Masa pembesaran berlangsung selama 7-8 bulan. Pada saat itu ikan black ghost  sudah berukuran 3-4 inchi dan siap untuk diedarkan kepada pecinta ikan hias.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara melakukan pemijahan ikan black ghost. Nah sekarang tunngu apa lagi, ayo kita budidaya ikan hias dan kumpulkan pundi-pundi rupiahnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel