Jenis-Jenis Ikan Arwana

arwana-ikan

Arwana adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari di Indonesia maupun di luar negeri. Tingginya minat masyarakat untuk memilikinya membuat ikan ini semakin terkenal.

Ikan ini dinamakan dengan Arwana, namun ada juga sebagian yang menamakan arwana, ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Brasil dan termasuk dalam genus Osteoglossum.


Di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan yang masih satu kerabat dan sangat mirip dengan arwana dari Brazil. Di daerah asalnya, ikan tersebut dikenal sebagai induk siluk, peyang, koleso, tengkuso, atau tangkalesa.

Diperdagangan internasional, arwana Indonesia disebut Asiatic Arwana1. Keunikan dari segi morfologi kepala, memiliki sisik yang indah, dan juga warna yang sangat exotis. sehingga menyebabkan harga jual ikan ini tinggi dan banyak yang minat, terutama para kolektor ikan hias.

Beberapa tahun silam, jenis ikan hias arwana masuk dalam kategori hewan yang hampir punah, karena tingginya angka penangkapan liar yang  memperjualbelikan ikan arwana untuk ikan hias di akuarium.

Untuk mendapatkan ikan arwana, saat ini tidak lagi harus dicari ke rawa-rawa atau di habitat aslinya, dikakarenakan saat ini sudah banyak orang yang membiakkan ikan ini.

Budidaya ikan arwana ini termasuk kegiatan untuk memulihkan lagi status arwana yang disebut-sebut sudah berada diujung kepunahan. 

Mencari jenis ikan hias arwana saat ini sudah tergolong mudah, Anda bisa dengan mudah menemukan para penjual ikan keliling di kota-kota atau di tempat pemeliharaan ikan hias.

Jenis ikan hias air tawar satu ini termasuk primadona pagi peminat ikan hias, akan tetapi ikan arwana memiliki harga yang lumayan tinggi, jadi bagi yang memiliki isi kantong pas-pasan tidak cocok untuk memiliki ikan ini.

Berikut ini jenis-jenis ikan arwana:

Arwana Super Red yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat, bisa kita dapatkan di sekitar daerah seperti di danau Sentarum dan  dari Sungai Kapuas yang terkenal sebagai habitat dari ikan arwana Super Red ini. Perairan ini adalah wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba itu.

ikan arwana tercantik
arwana Super Red
Ikan  arwana Super Red ini memiliki warna dominan merah, biasanya warna ini akan terlihat pada sirip ikan muda, di bibir dan juga sungut.


Warna merah juga akan terdapat di berbagai bagian tubuh lainnya saat ikan ini mulai beranjak dewasa, warna merah akan terlihat lebih mencolok terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan tampak terlihat berwarna merah cantik.

Arwana Super Red dikelompokkan menjadi empat jenis:

1. Golden Red
2. Chili Red
3. Blood Red
4. Orange Red

Arwana Cross Back Golden kerap dijumpai di banyak wilayah di Malaysia, seperti, Trengganu, perak, danau Bukit Merah dan Johor. Ikan Arwana tersebut diberi nama sesuai dengan daerah aslinya, seperti Bukit Merah Blue, Golden Pahang atau sering juga disebut Malaysian Gold.

arwana-crosback
Cross Back Golden. arwana-arwana.blogspot.co.id
Cross Back Golden adalah ciri bagi ikan Arwana jenis ini, yaitu saat beranjak dewasa memiliki warna emas penuh di sekujur badannya hingga melewati punggungnya. Ikan jenis ini jarang dijumpai karena jumlahnya hanya sedikit dan belum terlalu banyak dibudidayakan.

Arwana Cross back golden dibagi menjadi 4 jenis:

1.  Gold Based
2. Purple-Based
3. Silver-Based
4. Blue-Based

Arwana Jardini biasanya ditemukan di wilayah irian atau papua, ikan ini memiliki warna agak kecoklatan di tengah-tengah sisiknya berwarna kuning keemasan. Ikan ini juga banyak terdapat di Australia.

ikan arwana jardini
Arwana Jardini
Green Arwana/Golden Pino, jenis Arwana yang satu ini banyak ditemui di wilayah Asia seperti di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan Indonesia.

ikan arwana hijau
Green Arwana. dody94.wordpress.com
Green Arwana ini memiliki warna yang tak kalah menarik juga, warna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis berwarna gelap terdapat pada ekornya.

Red Tail Golden merupakan jenis arwana yang sering dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatra. Warna emas pada varietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung, namun hanya akan sampai baris ke-empat sisiknya.
ikan arwana merah
Red Tail Golden. aroclubindonesia.com
Red Tail Golden juga diberi nama arwana Asia yang banyak menghuni sungai berair keruh, jenis ikan ini hidup di air mengalir melalui rawa-rawa hutan dan lahan basah yang bergerak lambat.

Ikan ini biasanya memakan serangga saat masih muda, adapun yang sudah mencapai umur dewasa ikan ini akan memakan ikan-ikan kecil lainnya.

Jenis ini berstatus spesies yang terancam punah.

Arwana Banjar Merah  atau yang disebut sebagai varietas arwana merah kelas 2, Cirinya memiliki sirip berwarna oranye, berekor oranye atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan dan juga di bagian kepalanya.

Arwana Banjar Merah memiliki bentuk kepala yang agak membulat dengan mulut yang tidak terlalu lancip.

ikan arwana
fishland24.en.ec21.com. Arwana Banjar Red
Itulah beberapa spesies ikan arwana yang ada saat ini. Akan tetapi masih ada dua jenis ikan arwana yang lainnya yang terdapat di Indonesia saat ini, namun tidak cocok untuk dipelihara di dalam akuarium, dikarenakan ukurannya yang sangat besar, seperti arwana Black dan Silver, ukurannya bisa mencapai 60-90 cm.

Ada juga yang lebih besar lagi, seperti arwana Araipama Gigas, ukurannya bisa mencapai 3 meter. bagi Anda yang berminat untuk berjualan ikan ini, bisnis pasar masih sangat terbuka lebar, untungnya juga lumayan gedek, namun modal yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.

Seperti kata pepatah "Jika mau untung besar maka modalnya juga harus berbanding lurus dengan keuntungannya."

Setelah membaca artikel ini, Bagaimana kira-kira, apakah sobat tertarik untuk mencobanya? Semuanya kenbali kepada sobat superperikanan masing-masing, semoga info ini menarik bagi Anda yang membacanya. Salam superperikanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel