Cara Mancing agar Mendapatkan Ikan yang Banyak

ikan-mancing
Daylimotion.com

Mancing ikan merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan khususnya bagi sobat yang menyukainya, Anda bisa menemukan adrenalin tersendiri dalam melakukan strike.


Dalam hal memancing ikan ada beberapa faktor yang paling memepengaruhi hasil yang kita dapatkan nantinya, salah satunya adalah letak lokasi yang strategis, penggunaan mata pancing, umpan pancing, dan yang terakhir adalah doa.

Menurut buku "Search and Rescue Survival Training" yang diterbitkan USAF, ada 6 lokasi di sungai yang merupakan tempat paling favorit bagi ikan yaitu:
1. Relung sungai yang membentuk arus balik
2. Rerumputan yang lebat yang menutupi sungai
3. Pertemuan arus sungai kecil
4. Di belakang bebatuan
5. Relung sungai yang membentuk arus balik
6. Pohon tumbang
7. Di bawah semak yang menggantung yang menutupi permukaan air sungai

Sementara menurut informasi dari beberapa pemancing ikan yang berhasil superperikanan wawancarai, "Jika kami ingin mancing ikan mujair yang besar, biasanya kami harus mencari sarangnya berupa lubang di dasar danau/sungai."

Nah sobat, teknik memancing ikan seperti ini dinamakan dengan mancing lubang. Karena pemancing akan mengganggu sarang ikan mujair








Akan tetapi beda halnya dengan memancing ikan di laut, biasanya para pemancing akan mencari lokasi mancing yang tepat di laut, tergantung ikan apa yang ingin dipancing. Cara mancing, penggunaan umpan, dan kondisi air.

Para pemancing ikan kerapu biasanya mereka akan mencari lokasi yang ada terumbu karang, lumut serta kerang.

Biasanya lokasi yang ideal di dermaga, batrean pemecah ombak, bagang dll. Beda halnya jika sobat ingin mancing ikan tuna, otomatis sobat harus pergi agak jauh dari bibir pantai dengan menggunakan boat kecil.


Bagi pemancing yang target buruannya ikan GT (Giant Trevally) dengan teknik popping atau casting biasanya mereka mencari spot di sekitar area karang yang menyembul di permukaan dan sekeliling pulau di mana ada pecahan ombak terbentuk.

Tujuannya karena jenis ikan ini biasanya mencari makan berupa ikan-ikan kecil yang banyak bermain di zona ini. Sementara itu, bagi pemancing ikan dasaran dan jigging biasanya mereka mencari zona laut yang dasarnya karang, drop off, dan tubiran gosong dll.

Mereka biasanya juga mencari lokasi rumpon. Namun jenis mancing seperti ini mengandalkan teknologi GPS agar tidak lupa letak koordinat spot rumpon, karang atau tubiran yang pernah mereka jelajahi dan mengintip bebatuan di dasar laut dengan fishfinder. Ikan-ikan besar biasanya bermain di zona ini, seperti GT, kerapu, kakap dan lain-lain.

Jika ditengah-tengah laut terdapat burung beterbangan di permukaan laut, itu merupakan indikasi daerah tersebut banyak ikan-ikan kecil yang sedang bergerombol dan merupakan santapan empuk bagi ikan predator buruan sobat.

Apabila ada batang pohon yang terapung-apung di tengah laut, itu akan
dimanfaatkan dengan baik oleh ikan-ikan predator besar untuk memburu ikan kecil.

Salah satu pemancing senior asal Jakarta, juga mengatakan "Jika ingin mancing cumi-cumi maka lokasi yang tepat adalah daerah yang dasar lautnya memiliki gugusan rumput laut atau karang yang merupakan tempat ideal bagi cumi berlindung dan mencari mangsa.

Cumi-cumi biasa terdapat di daerah warna air laut biru cerah, terdapat sedikit angin darat, dan dengan kedalaman laut berkisar antara 2-6 meter.

Apabila sobat memancing di atas dermaga, perhatikan juga bekas tintanya (tentakel) dari cumi di lantai dermaga. Bekas ini mengindikasikan bahwa itu merupakan lokasi yang tepat untuk mancing cumi.


Dalam hal mendapatkan ikan terget, banyak sekali faktor yang mempengaruhi, seperti peralatan dan perlengkapan alat mancing, kondisi air, ombak, angin, arus air, dan kondisi warna air.

Beda halnya dengan pemancing yang sudah terbiasa membaca faktor-faktor ini, hal ini akan mudah bagi pemancing menentukan lokasi yang tepat.

Itulah tadi beberapa lokasi mancing yang banyak ikan, dan semoga sobat bisa mendapatkan ikan buruannya ya? Siapa sih yang tidak ingin membawa pulang ikan yang banyak, tentu semua akan berusaha semampnya tidak terkecuali sobat. Cukup sekian dulu, salam super perikanan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel