6 Umpan Ampuh untuk Memancing Ikan Gabus


Secara luas memancing adalah suatu kegiatan menangkap ikan, biasa kegiatan ini merupakan hobi, olahraga luar ruangan (outdoor) atau hanya sekedar kegiatan senang-senang di tengah atau di pinggir danau, sungai, laut dan perairan lainnya dengan harapan akan mendapatkan ikan target. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap  dengan menggunakan sebuah alat tangkap.


Namun dalam praktik dan hasil buruannya, tidak semua kegiatan memancing ikan selalu membuahkan hasil seekor ikan, waktu dan cara yang tepat adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam memanciing ikan.


Ikan gabus (Channa striata) merupakan jenis ikan predator yang hidup di air tawar seperti sungai, danau, rawa-rawa, parit dan kanal. Ikan ini termasuk salah satu ikan yang paling ditakuti oleh ikan-ikan kecil lainnya, karena terkenal dengan kebuasannya.

Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah, di Jawa ikan ini dinamakan dengan ikan kutuk sedangkan daerah Aceh dinamakan dengan Eungkot Bace dan lain-lain.

Dalam bahasa inggris ikan ini juga memiliki banyak sebutan seperti  snakehead murrel, chevron snakehead, common snakehead, striped snakehead, sedangkan bahasa ilmiahnya adalah (Channa striata) (Bloch, 1793). Ikan gabus Juga banyak diburu oleh para pemancing mania karena tarikannya yang bisa memberikan suatu adrenalin tersendiri.

Berikut ini Superperikanan akan memberikan beberapa trik untuk memancing ikan Gabus:
Waktu yang baik untuk memancing ikan gabus adalah pada saat pagi dan sore hari, alasannya pada waktu tersebut kondisi di sekitar zona memancing belum terlalu panas sehingga ikan tidak mencarikan tempat yang dingin untuk bersembunyi. Pada saat itu sobat superperikanan bisa memanfaatkan teknik popping maupun casting pada waktu itu.

Menggunakan ikan tiruan memang sudah banyak orang melakukannya, namun jika sobat tidak benar-benar mengerti sebaiknya bisa menggunakan umpan alami saja. Begitu juga untuk penggunaan umpan jenis popper.

Pada saat memancing Anda juga harus menjaga ketenangan air agar tidak membuat ikan terkejut dan beranjak pergi dari lokasi mancing Anda. Jika menggunakan senar, maka carilah senar yang kuat minimal mampu menahan untuk bobot ikan 20an kilogram agar senarnya tidak putus saat sobat superperikanan mendapatkan ikan yang besar.


Sebaiknya bawalah mata kail yang  bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar untuk mengantisipasi bila tidak ada ikan besar yang memakan umpan pancing Anda maka bisa mengganti mata kail yang lebih kecil untuk mendapatkan ikan buruan.

Gunakan juga joran yang jenisnya fast tapper karena liarnya fight ikan gabus ini berpotensi akan merusak bahkan yang paling fatal bisa mematahkan joran Anda nantinya.

1. Umpan Katak
Katak dapat dengan mudah kita dapatkan, di sawah-sawah juga banyak. Cara menggunakan umpan ini adalah dikaitkan pada mata kail di bagian ekornya, sebaiknya cari katak yang berukuran kecil, usahakan juga tidak dalam keadaan mati karena jika katak dalam kondisi hidup akan dapat membuat ikan gabus semakin senang memakan umpan pancing sobat.

2. Umpan Cacing Tanah
Cacing tanah merupakan pakan alami ikan, hampir semua jenis ikan suka memakan cacing, selain mudah didapatkan juga sangat efektif untuk memancing ikan predator seperti ikan gabus, Ikan gabus menyukai makanan seperti cacing tanah, kerena cacing memiliki bau amis yang sangat menyengat sehingga membuat ikan gabus semakin tertarik.

3. Umpan Belalang
Belalang juga bisa dimanfaatkan untuk memancing ikan gabus, cara menggunakannya, mata kail dikaitkan pada belalang dari arah ekor sampai dengan kepalanya.

4. Umpan Jangkrik (gangsir)
Jangkrik biasa digunakan untuk pakan burung, Selain digunakan sebagai pakan burung, Jangkrik juga sangat tepat untuk digunakan sebagai umpan pancing ikan gabus. Cara penggunaannya tidak beda dengan menggunakan umpan belalang.

5. Umpan Ulat Daun Pisang
Jika di rumah sobat ada tanaman pisang, maka ulat daun pisang  bisa dengan mudah untuk anda temukan. Ulat juga tidak kalah ampuh untuk memancing ikan gabus. Ulat daun pisang memiliki daya pikat tersendiri bagi ikan gabus. caranya masih sama dengan menggunakan belalang.

6. Umpan Ikan Kecil Jenis Wader
Cara membuat umpan ini masih tidak beda dengan menggunakan katak. perbedaannya dalam membuat umpan dengan cara dikaitkan pada bagian punggung ikan supaya ikan masih dapat berenang seperti ikan bebas. Cara ini juga juga sangat manjur, karena ikan gabus tidak bisa melihat makanan yang hidup dan bergerak-gerak.


Bagaiaman sobat superperikanan? Jika menarik menggunakannya lansung praketekkan saja besoknya, mancing ikan selain membutuhkan umpan yang cocok juga harus disertakan dengan doa terlebih dahulu sebelum sobat berangakat dari rumah.

Semoga tuhan memberikan rezeki melalui mata pancingan sobat. Jika bermanfaat silahkan bagikan untuk rekan-rekan yang lain dengan menekan tombol share. Terimakasih telah berkunjung ke blog superperikanan.blogspot.com.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel