Belum Tau Apa Itu Ikan? Ini Penjelasannya


 ikan hias
Ikan

Superperikanan- Bagi kita pecinta ikan, hal yang paling penting harus diketahui sebelum melangkah lebih jauh mengenai dunia ikan adalah mengenal ikan, apa itu ikan? Tentu sebagian kalangan sudah tahu yang disebut dengan ikan, namun bagi yang belum tau silahkan simak penjelasan yang kami berikan berikut ini.

Pengertian ikan

Ikan merupakan anggota vertebrata poikilotermik yang berdarah dingin, dan memiliki habitat hidup di air, ikan bernafas dengan menggunakan insang. Adapun paus tidak termasuk ke dalam jenis ikan, hewan tersebut tergolong ke dalam kelompok mamalia.

Ikan adalah kelompok vertebrata yang banyak ragamnya dengan jumlah spesies mencapai lebih dari 27,000 di dunia ini. Secara taksonomi, ikan masuk ke dalam golongan kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya hingga kini masih dalam perdebatan.

Ikan terbagi menjadi tiga kelas, ikan tak berrahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk hag dan ikan lamprei), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk pari dan ikan hiu), dan sisanya masuk dalam golongan ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Dan masih banyak lagi pengertian ikan menurut versi lain yang ada.

Ikan memiliki ukuran yang sangat bervariasi, mulai dari paus yang berukuran 14 meter (45 ft) sampai dengan stout infantfish yang berukuran sangat kecil, yaitu hanya mempunyai ukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Hingga kini ada sebagian mayarakat yang juga masih menganggap hewan ini masuk ketegori ikan, seperti paus, dan cumi. Sejatinya makhluk ini bukanlah masuk golongan ikan.

Ikan sangat mudah untuk ditemukan, hampir di semua tempat yang ada genangan air ada ikan, seperti rawa, danau, sungai, daerah air payau maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan air hingga beberapa ribu meter ke bawah permukaan air
.

Itulah sobat super perikanan perngertian ikan yang dapat kami berikan untuk Anda semua pembaca. Jika sobat merasa ini bermanfaat, jangan lupa bagikan juga untuk orang lain ya? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel