Jumlah Sirip pada Ikan Beserta Fungsinya

sirip ikan dan fungsinya

Hai teman-teman jumpa lagi kita di blog superperikanan, oya sobat kali ini kita akan membahas masalah sirip-sirip beserta fungsinya pada tubuh ikan, sebenarnya apa sih fungsi sirip pada tubuh ikan? Kok banyak sekali ya? Nah mari kita bahas satu-persatu.

Pada tubuh ikan terdapat 6 macam sirip, antara lain yaitu: sirip dada (Pinnae Pectoral), sirip ekor (Pinnae Caudalis), sirip perut (Pinnae Ventralis), sirip dubur(Pinnae Analis), sirip punggung (Pinnae Dorsalis) dan Adipose fin.

Baca juga: Ini Dia, Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar

Sebagai orang perikanan atau pencinta ikan, kita harus tahu kegunaan sirip-sirip tersebut. Sirip juga terbagi ke dalam dua jenis, ada yang dinamakan  dengan sirip tunggal, seperti ekor, punggung, dan anus. Sedangkan sirip dada dan perut termasuk sirip yang keberadaannya berpasangan.

Sirip punggung yang ada pada ikan dari kelas Condrichthyes disokong oleh keping-keping tulang rawan yang disebut rawan basal dan terletak pada bagian bawah tertumpu pada cucuk neural dan rawan radial yang terletak tepat di atas rawan basial, fungsinya untuk menunjang jari-jari sirip.

Sirip dada chondrichthyes disokong oleh tulang rawan gelang bahu yang super kuat,  dan ini disebut coracos capula. Bentuk gelang bahu ini menyamai huruf U dengan perlengkapannya terdiri dari sepasang tulang carcoid yang menjadi dasar. Lokasi jari-jari sirip bersendi di sudut tulang capula dan supracapula.

Sirip perut sub kelas Elasmobranchia disokong oleh tulang rawan pelvic yaitu tulang rawan tempat tulang basipterygium menempel. Pada tulang tersebut tempat menempelnya sirip perut ikan.

Baca juga: Ini, Kelebihan Berbisnis Ikan Nila

Tulang rawan yang merupakan perpanjangan basipterygium yang dinamakan rawan basal. Khusus pada ikan jantan, di ujung rawan basal terdapat organ clasper yang berfungsi untuk memijah dalam membantu menyemburkan sperma  


Berikut ini penjelasan 6 jumlah sirip pada ikan beserta fungsinya:

1. Pinna pectoralis (sirip dada)

Fungsi sirip dada pada ikan adalah untuk melakukan pergerakan maju, ke samping dan diam (mengerem), sirip ini terletak di posterior operculum atau disebut juga pada pertengahan tinggi di kedua sisi tubuh ikan.

2. Pinna dorsalis (sirip punggung)

Sirip punggung, fusinya adalah untuk menstabilkan tubuh (Balance). Ikan akan menggunakan sirip ini sekalian dengan Pinna Analis untuk membantu ikan memutarkan badan dengan cepat. Dan sirip ini berada pada di bagian dorsal.

3. Pinna ventralis (sirip perut)

Sirip perut ini berperan dalam menstabilkan tubuh ikan saat berenang. Namun tidak hanya itu saja, sirip tersebut juga berfungsi untuk membantu menetapkan posisi tubuh pada kedalaman tertentu. Letaknya tepat di bagian perut ikan.

4. Pinna analis (sirip dubur)

Sirip dubur, sirip ini berada pada bagian posterior anal, tidak jauh dengan duburya. Fungsinya guna membantu ikan dalam menstabilkan tubuh saat berenang, hampir sama dengan siriip perut.

5. Pinna caudalis (sirip ekor)

Sirip ekor, sirip ini terletak pada bagian posterior tubuh ikan dan biasanya dinamakan sebagai ekor. Fungsi sirip ini sebagai pendorong utama ketika ikan berenang (maju) dan juga sebagai stier/kemudi pada saat bermanuver.

6. Adipose fin

Yang terakhir adalah  Adipose fin,  letak sirip ini adalah pada bagian dorsal agak sedikit di depan pinna caudalis. Namun tidak semua ikan memiliki sirip ini.

Baca juga: Waw, Ini Dia Jenis Ikan Hias Termahal dan Terbaik di Dunia

Itulah sobat superperikanan fungsi-fungsi sirip pada tubuh ikan, mungkin kita sudah lama penasaran dengan keberadaan dan fungsi sirip pada ikan, namun selalu lupa untuk mencari tahu. Nah berarti sekarang sobat semua sudah tahu kegunaan sirip itu semua.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel