Teknik Super Ampuh Memancing Ikan Kuwe (Giant Trevallyrs)

ikan kuwe


Ikan marupakan salah satu sumber protein hewani bagi kelangsungan hidup umat manusia, kita memang  bisa hidup tanpa ikan, namun ada satu hal yang harus digaris bawahi, ikan merupakan salah satu penyumbang protein terbanyak untuk manusia.

Setiap hari dari seluruh pelosok negeri, mulai dari desa hingga kota orang-orang mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan tubuh.

Salah satu komoditas ikan konsumsi yang memiliki kandungan gizi terbaik adalah jenis ikan kuwe. ikan ini masuk dalam jenis ikan perenang di atas permukaan (pelagis), ikan ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Ikan ini merupakan komoditas ekspor, Jepang dan negara Asia lainnya seperti Cina, Hongkong, Singapura dan Malaysia. Ikan tersebut sangat digemari, tidak hanya untuk dimakan saja, namun juga untuk aktivitas olahraga memancing (Gushiken, 1983).

Kuwe banyak digemari karena memiliki kandungan protein yang tinggi, makanya tak heran jika kuwe banyak diburu di seluruh dunia, di Indonesia sendiri ikan ini cukup terkenal. Maka tak ayal jika ikan kuwe sering menjadi target banyak pemancing.


selain memiliki daging yang enak, ikan ini juga memberikan kepuasan tersendiri bagi pemancing, ya salah satunya adalah tarikannya yang luar bisa jos. Ukurannya juga biasanya tidak mengecewakan.

Sekilas tentang ikan kuwe

Klasifikasi ikan Kuwe menurut Anonymous (2007) adalah sebagai berikut:

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class : Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Carangidae
Genus: Gnathanodon
Species: Gnathanodon speciosus

Ciri-ciri ikan kuwe

Tubuh ikan kuwe berbentuk oval dan pipih. memiliki warna tubuhnya bervariasi, yaitu biru bagian atas dan perak hingga keputih-putihan di bagian bawah.

Tubuhnya ditutupi sisik halus berbentuk cycloid, Sirip ikan ini tidak bersisik dengan sirip ekor yang bercagak. Ikan yang sudah dewasa memiliki warna tubuh keperakan.

Menurut Usman et al. (1996), sampai saat ini produksi ikan kuwe masih berasal dari hasil tangkapan. Pada tahun 2005, produksi ikan kuwe di Indonesia melalui hasil tangkapan mencapai 47.125 ton.

Habitat

Bagi kita para pemancing, hal yang tak kalah penting untuk diketahui adalah habitat hidup ikan yang akan jadi target mancing kita.

Ikan kuwe merupakan salah satu jenis ikan (pelagis) yaitu hidup pada perairan pantai dangkal, karang dan batu karang. Ikan ini juga dikenal oleh masyarakat sebagai ikan hias dengan nama ikan Pidana Kuning dan memiliki nama inggris yaitu Giant trevally.


Lokasi mancing

Sebelum berangkat memancing ikan kuwe, sebaiknya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu lokasi mencari makan ikan ini. Sedangkan daerah yang berpotensi banyak ikan ini adalah di terumbu Karang yang berkedalaman 3-10 meter, Tubiran pulau atau tanjung.

Pinggir tebing batu, drop off reef/tebing laut, gunung laut (sea mount reef), bangunan di atas laut, Batu mandi, Pertemuan arus di antara pulau-pulau kecil, dan gerombolan burung, itu merupakan salah satu indikasi adanya ikan kuwe, karena daerah yang banyak burung pasti ada ikan-ikan kecil.

lkan ini biasanya hidup bergerombol (schooling fish) mengelilingi karang demi karang. Ikan-ikan kecil yang berada di sekitar karang akan menjadi makanan ikan ini.

Dan ini juga merupakan salah satu lokasi yang tepat untuk Anda memancing ikan ini. Biasanya untuk mendapatkan ikan kuwe, para pemancing harus menemukan karang baik yang dangkal atau karang luas di dasar lautan.

Umpan

Sedangkan jenis umpan yang biasa digunakan nelayan adalah umpan hidup seperti ikan kembung, bandeng, selar atau kembung ukuran kecil sampai sedang, udang putih. Umpan segar seperti cumi-cumi juga bagus digunakan. Umpan-umpan itu sudah dari cukup untuk memancing ikan kuwe.

Waktu memancing yang tepat

Mancing ikan kuwe sangat efektif saat sore hari menuju ke gelap malam dan saat dini hari menjelang matahari terbit, untuk  mempertahankan durasi strike sepanjang malam para pemancing/nelayan menyiapkan lampu yang sangat terang di kapalnya.

Kehadiran lampu, berhasil mengundang ikan-ikan kecil berkumpul disekitar kapal untuk memakan ikan kecil dan serangan yang jatuh di dalam air. Sedangkan hadirnya ikan kecil mengundang perhatian ikan-ikan yang lebih besar dan seterusnya.

Kedatangan banyak ikan kecil dan besar inilah maka di sekitar kapal terjadi mata rantai kehidupan. Kebiasaan dari ikan kuwe yang mengembara berkeliling karang untuk mencari makan, merupakan keuntungan tersendiri, karena lampu yang terang dan banyaknya ikan kecil berkumpul maka kuwe akan tetap menetap sepanjang malam.

Teknik mancing

Untuk teknik memancing kuwe, para pemancing biasa menggunakan teknik Bottom FishingBerhubung dengan perkembangan waktu, memancing di Indonesia sangat berkembang pesat.

Banyak para pemancing mengunakan teknologi internet sebagai sarana untuk mencari informasi mengenai cara memancing, cara membuat umpan, tehnik memancing, harga alat pancing, seperti joran, reel, popper, minow, senar bahkan tempat spot memancing yang banyak ikannya.

Sarana pendukung

Jika jaman dahulu para nelayan hanya menyiapkan lampu petromak atau senter, namun kali ini para pemancing sangat kreatif dengan menyediakan lampu dari mesin diesel yang sangat terang. Kehadiran lampu tersebut akan mengungdang ikan-ikan kecil berkumpul di sekitar kapal untuk memakan ikan kecil.

Kehadiaran ikan-ikan kecil menarik perhatian ikan yang lebih besar dan seterusnya. Dengan adanya ikan kecil inilah maka di sekitar kapal terjadi mata rantai kehidupan. Ketika umpan sobat leparkan maka ikan kuwe ini akan segera menyambarnya, sekarang saatnya strike dan strike.

Ikan kuwe biasanya mengembara berkeliling karang untuk mencari makan, gara-gara lampu yang terang dan banyaknya ikan kecil berkumpul maka ikan kuwe tetap menetap sepanjang malam.

Penutup

Semoga sobat bisa mendapatkan  hasil pancingan yang banyak, oya sebelum berangkat jangan lupa berdoa dulu, supaya ikan yang didapatkan nantinya jadi berkah.

Itulah beberapa trik mancing ikan kuwe yang berhasil superperikanan berikan, semoga bermasnfaat. Jangan lupa bagikan juga untuk teman-teman kita yang membutuhkannya.

Berbagi itu indah. Wassalammualaikum warah matullahi wabarakatuh.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel