Ini Dia, Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar

ikan transparan

Indonesia merupakan negara pemasok ikan hias terbanyak, ikan hias yang telah diekspor ke luar negeri mencapai 363 individu, dan rata-rata ikan tersebut adalah yang hidup di air tawar.

Namun untuk pemeliharaannya, media yang biasa digunakan ialah kolam kecil dan akuarium. Hal ini tergantung dengan selera yang membudidayakannya.

Biasanya ikan hias yang dipelihara dalam akuarium bertujuan untuk mempercantik ruangan, baik di kantor atau di rumah.akan tetapi bila ingin menjadikan sebagai tujuan untuk memperoleh keuntungan dari hasil budi daya, ikan-ikan tersebut biasanya ditempatkan pada wadah yang besar, seperti kolam.

Ikan hias air tawar termseuk salah satu ikan yang banyak dibudidayakan oleh pencinta binatang. Alasan mereka memelihara ikan hias karena ikan tersebut memiliki warna yang cantik dan menarik pastinya.

Di alam banyak sekali ikan hias jenis air tawar, namun ikan hias tersebut ada ada yang dipisahkan sendiri dan dicampur bersama ikan hias lainnya dalam satu wadah, yang sifatnya kanibalisme, harus dipisahkan dengan ikan lain (satu kolam satu ikan).

Ok tidak usah panjang lebar kita ceramah, ini dia 8 jenis ikan air tawar yang sangat populer sepanjang masa, dikutip dari berbagai sumber:

1. Ikan cupang (Betta sP)
ikan cupang cantik
foto: binatangpeliharaan.org
Ikan ini merupakan ikan yang sudah sangat akrab dengan telinga masyarakat Indonesia, karena ikan ini sangat mudah untuk ditemukan.

Tidak sedikit para pencinta ikan hias yang memelihara ikan ini, ikan cupang memiliki warna yang khas dan sangat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya, ikan ini juga kerap dijadikan lomba aduan sesama jenisnya. Oleh karena itu ikan ini sebaiknya dipisahkan bila dipelihara dalam akuarium.

Untuk pemeliharaan ikan cupang, Anda bisa memanfaatkan toples yang kecil saja, karena ikan ini bisa dipelihara dalam wadah kecil, ikan ini memiliki variasi warna yang sangat menarik, yaitu ada yang warnanya, kuning, coklat, hijau, merah, biru, coklat, putih dan abu-abu.

Variasi warnanya bisa. Bentuk badan ikan hias ini agak kecil. Siripnya yang panjang menjuntai sampai terlihat seluruh tubuhnya ditutupi oleh sirip cantik berwarna-warni tersebut.

2.Ikan guppy (Poecilia reticulata)

ikan guppy cantik
Foto: Suherlin.com
Ikan ini merupakan Jenis ikan hias air tawar yang gampang untuk dipelihara dan di Indonesia ikan ini masih sangat populer, bahkan menduduki peringkat kedua setelah ikan cupang. Ikan ini didatangkan dari Amerika Selatan.

Ikan ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan daerah sekitarnya. Oleh karena itu, ikan hias ini sangat cepat menyebar luas. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium.

Untuk menemukan ikan ini juga sangat mudah, karena banyak orang yang memelihara ikan ini, ikan ini memiliki warna yang tak kalah menarik mulai dari ekor sampai kepalanya, rata-rata panjang ikan gupi adalah 2,5 cm.

3. Ikan arwana (Scleropages formosus)

ikan arwana cantik
Foto:Carapro.com
Ikan arwana merupakan ikan yang masih sangat populer hingga saat ini, ikan ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya, dengan perpaduan warna dan tubuhnya yang indah membuat ikan ini memiliki harga yang tinggi.


Ikan ini dalam bahasa latin dinamakan dengan Scleropages sp. Banyak sebutan unik untuk nama ikan arwana ini, diantaranya ikan arwana super red, naga, payang, khayangan, silok, kalasa, kalasa dan siluk.

4. Ikan mas koki (Cyprinus auratus)

ikan mas koki cantik
Sumber foto: maswaris.blogspot.co.id
ikan mas koki juga masuk dalam daftar ikan paling populer di Indonesia, ikan hias ini termasuk dalam keluarga (Ciprinidae). Ikan ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Ikan ini memiliki pergerakan yang sangat lucu karena isi badannya yang gendut, namun tetap seimbang. Oleh sebab itu, jenis ikan hias ini menjadi yang paling banyak digemari oleh pencinta ikan hias.

Ikan hias ini termasuk dalam golongan ikan purba karena telurnya hampir mirip dan besarnya seukuran telur burung puyuh. Kemudian , ukuran terbesar ikan ini bisa mencapai satu meter panjangnya.

5. Ikan louhan (Scleropages sp)

ikan louhan
Foto: situsikan.blogspot.com
Dulu ikan louhan sangat populer di Indonesia. Banyak orang secara tiba-tiba menjadi pencinta ikan hias setelah melihat ikan ini. Hal tersebut karena sangat terkenalnya ikan louhan pada saat itu.

Ikan ini sangat terkenal, salah satu alasannya adalah karena adanya benjolan pada bagian atas moncongnya, dan adanya tambahan kombinasi seperti tulisan bahasa Cina di tubuhnya.

Di alam ikan ini seperti penguasa lautan dan memiliki tingkah laku yang sedikit agresif, berdasarkan kebiasaan makan, louhan termasuk ke dalam tipe ikan pemakan daging (carnivora).

6. Ikan discus (Symphysodon discus)
ikan discus
Foto: Duniaq.com
Ikan discus adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh para pencinta ikan hias. Nama ikan ini diambil dari bentuk tubuhnya yang menyerupai seperti piringan disc (CD). Ikan hias discus ini termasuk dalam famili Cichlidae, dan Ikan ini berasal dari Brasil, lebih tepatnya yakni sungai Amazon.

7. Ikan mas koi (Cyprinus carpio)

Foto: Fotolepas.com

air tawar ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1820-an di Jepang.
Ikan hias ini termasuk hasil dari persilangan beberapa strain ikan mas dengan warna merah dan putih. Ikan hasil persilangan tersebut dikenal dengan nama ikan koi.
Persilangan ikan terus dilakukan dan saat ini sering kita jumpai ikan koi dengan berbagai variasi warna yang sangat menarik.

Pada saat muda ekornya tidak terlalu lebar dan pas setelah dewasa ekornya akan semakin melebar. Jenis Ikan hias air tawar ini sangat cocok dipelihara di kolam yang cukup luas.
Karena daya tarik dari ikan koi ini adalah warna-warni ikan yang sangat cantik dan terlihat indah bila dilihat dari atas kolam. Selain itu, ikan hias ini juga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.

Kerennya bila kamu ingin bermain dengan ikan koi tersebut, maka berilah pakan tepat pada saat ikan tersebut lapar. Dalam hitungan detik ikan-ikan koi akan berbondong-bondong menyerbu pakan ikan tersebut.

8. Ikan oscar (Astronotus ocellatus)
ikan oscar
Foto: sikpas.blogspot.com

Ikan ini juga termasuk ke dalam ikan hias air tawar yang mudah untuk dikembangkan. Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh para pencinta ikan, baik dari dalam negeri dan luar negeri.

Jika diperhatikan, ikan oscar sangat mirip dengan ikan yang biasa kita konsumsi yaitu ikan gurame atau nila. Bentuknya yang lebar serta siripnya yang menjadikan ikan hias ini sangat mirip dengan ikan gurame.


Tetapi, ada hal yang membedakan dari kedua ikan ini, yaitu warna yang dimiliki ikan oscar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada ikan gurame.

Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oscar ini terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya. Juga ada ikan oscar albino atau putih pucat dengan garis totol-totol orange, ataupun berwarna putih polos.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel