Pengertian Chlorella

Chlorella

Chlorella  merupakan alga yang memiliki sel satu (uniseluler) akan tetapi terkadang dijumpai bergerombol. Kisaran selnya berdiameter antara  2-8 mikron dan berwama hijau. Warna tersebut dikarenakan klorofil pigmennya yang dominan. Dinding sel Chlorella keras terdiri atas pektin dan selulosa.


Selain memiliki protoplasma yang  mirip seperti cawan, Chlorella bisa melakukan pergerakan, akan tetapi sangat lamban. Chlorella berkembang biak secara vegetatif (ase*sual) dan generatif (se*sual). Perkembangan biakan secara vegetatif diawali dengan membentuk spora.

Setiap sel induk Chlorella akan mengeluarkan Zoospora yang dinamakan aplanospora sebanyak 8 buah. Selanjutnya aplanospora berkembang menjadi individu-individu yang baru, dan setiap aplanospora yang sudah dewasa akan mengeluarkan 8 delapan aplanospora baru pula, dan juga seterusnya.


Chlorella terus berkembang selama kondisi lingkungan mendukung. Pengetahuan tentang perkembangbiakan chlorella secara generatif masih belum banyak diketahui. Morfologi Chlorella sp dapat dilihat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel