Habitat dan Asal-usul Ikan Lele Dumbo


ikan lele dumbo
Ikan lele dumbo, sumber gambar: Google

Sejarah singkat ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burchell)

Superperikanan - Ikan lele dumbo merupakan ikan yang didatangkan dari Benua Afrika dan pertama kali sampai ke Indonesia sekira tahun 1984. Jenis lele ini termasuk hibrida yang merupakan pertumbuhan berat cukup luarbiasa bila dibandingkan dengan kerabat dekatnya yaitu ikan lele lokal (Clarias batrachus).

ikan lele dumbo mempunyai rasio pertumbuhan empat kali lebih cepat. Oleh karena demikian, ikan jenis ini bisa dengan mudah menjadi populer di kalangan masyarakat (Santoso, 1994).

Baca juga: Cara Mudah dan Singkat Membuat Kolam Ikan Koi

Habitat ikan lele dumbo

Ikan lele adalah jenis ikan yang hidup di lumpur, ikan ini tidak pernah ditemukan di air payau dan juga juga air asin. Habitatnya aslinya di sungai dengan arus air yang tidak deras,telaga, waduk, rawa, sawah yang digenangi air, semua perairan tawar dapat menjadi lingkungan hidup atau habitat lele dumbo misalnya seperti waduk, danau, bendungan, rawa, dan genangan air tawar lainnya.

Di alam liar, ikan lele dumbo ini memang lebih menyukai air yang arusnya mengalir secara perlahan atau lambat. Aliran air arus yang deras lele dumbo kurang menyukainya (Santoso, 1994).

Lele dumbo asal Afrika ternyata sangat toleransi terhadap suhu air yang cukup tinggi yaitu 20º – 35ºC, selain itu, lele dumbo dapat hidup pada keadaan lingkungan perairan yang buruk.

Kondisi air dengan kandungan oksigen yang sangat rendah lele dumbo masih bisa bertahan hidup, sebab ikan lele dumbo memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut organ arborescent (Santoso, 1994).

Nah, itulah habitat ikan lele dumbo yang telah kami ulas dengan detail dan singkat, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Morfologi Ikan Patin

Sumber: Artikel ini dikutip dari journal "Taksonomi dan Morfologi Ikan Lele".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel