Jenis Ikan Hias Termahal dan Terbaik di Dunia

ikan arwana platinum
Ikan arwana platinum
Pada dasarnya Ikan hias bisa saja mempunyai harga yang sangat fantastis, namun tentunya tidak semua ikan hias bisa demikian, pemeliharaan ikan hias biasanya bukan untuk dikonsumsi, akan tetapi lebih kepada untuk dinikmati keindahan corak dan bentuk tubuhnya.

Ikan hias terdiri dari banyak sekali ragamnya, mulai dari kebiasaan makan hingga habitat hidupnya, ada yang menghuni perairan air tawar, air payau hingga yang mendiami samudera. Pada dasarnya ke-3 tipe ikan hias itu tidak sama dalam soal pemeliharaan.


Ketidaksamaan ini terdapat pada penentuan akuarium, jenis air yang akan digunakan, hingga jenis makanan. Semakin banyak pencinta ikan hias yang tumbuh subur di tanah air kita ini, hal ini akan menjadi angin surga bagi para pengusaha ikan hias. Pasalnya pasar ikan hias akan melejit tinggi yang akan memberikan keuntungan untuk para pembudidaya ikan.

Baiklah, kami kira tidak usah panjang-lebar pengantarnya, langsung saja kita ke TKP, yaitu jenis ikan hias yang bernilai ekonomis tinggi.

Mari sama-sama kita chek it out, 10 jenis ikan hias termahal di dunia:

1. Ikan Candy Basslet

 Ikan hias Candy Basslet

Ikan candy basslet merupakan ikan yang berhabitatnya di laut. Ikan ini termasuk ke dalam kelompok ikan yang memiliki warna cantik. Namun sayang, Ikan ini hanya bisa kita temukan di Karibia. Di sana, ikan ini termasuk spesies langka. Beberapa pencari mesti menyelami ke titik-titik khusus untuk bisa menemukan ikan ini.

Atas pertimbangan itu, ikan ini memiliki banderol harga yang tidak murah, yakni mencapai Rp13,4 Juta untuk setiap ekornya.

2. Ikan Clarion Angelfish

Ikan hias Clarion Angelfish

Clarion Angelfish, Ikan ini bisa dijumpai di Pantai Pasifik Meksiko. Ikan hias yang satu ini juga memiliki warna yang begitu cerah, sehingga membuat para kolektor ikan hias gatal jari untuk memburu ikan jenis ini.

Namun sayang, ikan ini tidak bisa leluasa untuk diburu dari alamnya, bagi penangkap ikan Clarion Angelfish harus mengantongi izin khusus dari Pemerintah Meksiko untuk bisa mengangkatnya dari rumahnya.

Memiliki ikan ini memang suatu impian bagi para pengoleksi ikan hias, akan tetapi masalahya terletak pada harga yang tidak sedikit, setiap orang yang hendak membawa pulang ikan ini harus meregoh kocek sampai Rp30 Juta rupiah perekornya.

3. Ikan Wrought Iron Butterflyfish

Ikan hias Wrought Iron Butterflyfish

Ikan yang memiliki bentuk tubuh mungil ini hanya bisa ditemukan di perairan Jepang. Ikan ini biasanya memiliki ukuran 6 inci. Wrought Iron Butterfly fish termasuk ikan perenang aktif (pelagis). Ikan ini bisa bergerak dengan amat cepat melewati beberapa segi akuarium.

Oleh karena gerakan menggoda itu, tak jarang membuat setiap orang terpukau dengan tingkah lakunya. Bukan tanpa sebab ikan ini dinamakan dengan Wrought Iron Butterfl, berdasarkan warna hitam keabu-abuan dengan garis kuning cerah di bagian siripnyalah ikan ini diberikan nama tersebut. ikan ini dijual dengan harga Rp31, 9 Juta rupiah.

4. Ikan Australian Flathead Perch

Ikan hias Australian Flathead Perch

Ikan ini menghuni seputataran perairan Australia, ikan jenis ini masuk ketegori langka. Biasanya spesies ini hidup di celah-celah bebatuan, sesekali keluar cuma untuk mencari makanan, kemudian langsung masuk ke dalam sarangnya lagi.

Baca juga: Cara Mudah dan Singkat Membuat Kolam Ikan Koi

Ikan ini pertama kali dijual pada tahun 2011 tepatnya di Amerika Serikat, sejak saat itu, ikan ini sudah masuk ke dalam target buruan penangkap ikan. Ikan ini  dihargai Rp66,5 Juta.

5. Ikan Neptune Gruper

Ikan hias Neptune Gruper

Ikan tipe ini nyaris tak pernah diketemukan di pasaran. Termasuk juga dalam kelompok ikan yang hidup di perairan dalam, tetapi sesekali bisa diketemukan di perairan dangkal. Corak warna yang dipertunjukkan ikan hias ini bisa tidak sama saat muda serta dewasa.

Tipe Neptune Gruper muda bakal menghadirkan corak warna kuning serta oranye. Saat beranjak dewasa, warnanya bakal beralih jadi merah muda dengan nuansa kuning cerah. Perekornya, ikan hias ini dihargai sekitaran Rp. 80, 1 Juta.

6. Ikan Golden Basslet

 Ikan hias Golden Basslet


Ikan ini masuk ke dalam keluarga kerapu, dengan bentuk tubuh yang mungil membuat ikan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pencinta ikan hias, ikan ini bisa diketemukan di perairan Pasifik serta Atlantik. Termasuk juga dalam tipe ikan pemalu.

Ikan ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersembunyi di sarang, ikan ini memiliki sifat seorang wanita, supaya bisa menciduk ikan ini di tempat hidupnya  dibutuhkan perangkap spesial agar bisa menangkapnya. Ikan ini memiliki kisaran harga selangit, Rp106, 9 Juta.

7. Ikan Bladefin Basslet

Ikan hias Bladefin Basslet


Dengan ukuran tubuh yang yang terbilang kecil, hanya 5 inci, ikan ini sekali-sekali tampak lucu dan gemes, habitatnya biasa di karang-karang sekitaran perairan dalam Karibia. Ukuran yang begitu kecil, membuatnya begitu susah untuk ditemukan, seperti mencari jin.

Dari beberapa cerita para pemburu ikan ini, mereka mengungkapkan perlu alat khusus untuk bisa tembus ke tempat tinggal ikan ini. Masalah harga, ikan ini dihargai dengan harga yang cukup tinggi, yaitu menyentuh angka R133,6 Juta untuk setiap individunya, waw waw waw.

8. Ikan Peppermint Angelfish

 Ikan hias Peppermint Angelfish

Ikan ini bergabung ke dalam kelompok ikan langka, ikan ini diperkenalkan ke public pertama kalinya pada tahun 2012, ikan ini juga pernah ditemukan oleh tim riset dari Smithsonian Institute. Ikan pepermin termasuk penghuni laut dalam.

Harga untuk seekor ikan ini sangat tidak masuk akal, yaitu mencapai harga Rp400, 8 Juta rupiah satu ekornya saja, bayangkan kalau 10 ekor.


9. Ikan Polka Dot Stingray

Ikan Hias Polka Dot Stingray

Ikan cantik ini termasuk juga dalam jenis pari yang hidup di perairan air tawar. Ikan ini bisa diketemukan di sungai Xingu, Brazil. Habitatnya di  daerah pasir  sesekali naik ke atas permukaan untuk menjaring mangsa.

Ikan ini menghadirkan corak warna hitam dengan penambahan lingkaran kecil berwarna putih kekuningan di seluruh sudut badan hingga membuatnya tampak makin eksotis.

Untuk memeliharanya di akuarium,  sedikit membuat kita repot, yaitu diperlukan tangki yang lumayan besar dengan subtratnya pasir. Ikan hias ini dihargai sekitaran Rp. 1, 3 Miliar.

10. Ikan Arwana Platinum

ikan hias arwana platinum

Penghuni peringkat pertama yaitu ada ikan arwana platinum, tak salah bila ikan ini mengisi posisi pertama. Pada badan ikan ini ditanam sejenis chip jati diri untuk membedakannya dengan ikan-ikan arwana yang lain.

Pada umumnya, ikan ini menghadirkan warna merah, hijau, kuning, serta perak. Corak warna platinum nampak dari hasil mutasi genetik yang begitu langka.

Hal itulah yang membuat harga ikan ini melambung tinggi. Ikan ini bisa ditemukan di Amerika Selatan, Asia Tenggara, serta Afrika. Ikan Arwana Platinum dihargai sekitaran Rp5,3 Miliar per ekornya.

Referensi: dilansir dari lebih satu sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel