Klasifikasi dan Morfologi Ikan Guppy

Ikan guppy adalah  salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati di Indonesia. Ikan ini mampu menarik perhatian karena pesona dan warnanya yang begitu cantik dan anggun.

Selain itu, ukuran tubuh mungil ikan ini juga menjadi besi sembrani untuk membuat setiap kolektor ikan hias ingin memilikinya.

"klasifikasi ikan guppy"


Di alamnya, ikan ini hidup dan berkembang di perairan tawar dan beberapa di antaranya juga ada yang hidup di perairan air payau (Ruly, 2008). Ikan guppy terdiri dari beberapa jenis yang merupakan hasil dari perkawinan silang sehingga menghasilkan mutasi genetik .

Tak hanya warna saja yang menggoda, bentuk dasar ekor ikan guppy juga bervariasi hingga sangat cantik saat dilihat.


Guppy dibagi  atas dasar bentuk ekornya, yakni short tail (ekor pendek), sword tail (ekor panjang), serta wide tail (ekor lebar).  Setiap varietas memiliki 4 macam bentuk ekor, varietas terbaru  yakni Ribbon/Swallow (Suara merdeka, 2008).

Ikan ini pertama sekali ditemukan di Venezuela, Guyana, dan  di bagian kepulauan Karibia pada tahun 1859 oleh Wilhem C.H. Peters, salah satu ahli ilmu ikan dari Jerman.

Pada awal penemuannya, ikan cantik  ini diberi nama ilmiah (Lebistes reticulate), lambat laun diubah kembali jadi Poecilia reticulate.

Tujuan Pemberian Nama Guppy

Nama guppy ini diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Robert John Lechmere Guppy yang telah  berjasa menemukan jenis ikan mungil ini,baru dengan warna yang lebih indah daripada guppy-guppy yang telah ada. (Anonim, 2008).

Klasifikasi Ikan Guppy

Klasifikasi
Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cyprinodontiformes
Famili Poeciliidae
Genus Poecilia
Spesies P. reticulata
Morfologi ikan guppy

Ikan guppy  ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan ikan jenis jenis lainnya. Ikan  guppy jantan umumnya mempunyai panjang sekira 2-3 cm, betina panjang mencapai 4-6 cm, lebih besar  daripada ikan jantan.

Tidak cukup sampai di situ saja, ikan guppy ini mempunyai warna yang sangat beragam, seperti merah, kekuningan, kebiruan, serta warna silver dan kombinasi warna lainnya.


Ikan guppy masih bisa berkembangbiak sangat baik pada periode sekitar 21-20 hari dan tergantung dengan suhu air yang dipakai.

Beda Jantan dan Betina

"ikan guppy jantan dan betina"


Jumlah Telur Ikan Guppy Dalam Setiap Pemijahan

Masing-masing individu indukan ikan guppy mampu menghasilkan 80-100 ekor benih atau anakan ikan guppy perperiodenya, walaupun tidak sedikit yang gagal hidup karena benih atau anakan ikan guppy rentan sekali terhadapat suhu air  yang berfluktuasi (berubah-ubah) maupun faktor lainnya yang dapat menyebabkan anakan ikan guppy mudah berpulang ke Rahmatullah.

Subscribe to receive free email updates: