Cara Mudah dan Singkat Membuat Kolam Ikan Koi


Model kolam ikan koi, semi modern
Superperikanan - Usaha ikan hias memiliki prospek yang sangat menggiurkan untuk saat ini di negeri kita, pasalnya para peminat akan ikan hias sekarang sudah mulai tumbuh dengan pesat, untuk membuat bisnis ikan koi modal yang diperlukan pun tidaklah besar. cukup dengan beberapa juga saja, usaha ikan koi sudah bisa dimulai.

Nah, ternyata hal di atas masih belum cukup untuk langsung kita gerakkan, kita masih perlu membuat kolam, dalam membuat wadah diperlukan skil untuk mengolahnya.

Dengan sedikit kemampuan yang kita curahkan dan dibarengi dengan sentuhan tangan dingin Anda sudah hal pasti kolam yang dihasilkan pun sudah cukup untuk kita gunakan sebagai wadah untuk menampung ikan hias koi.


Pada kesempatan kali ini kita tidak membuat kolam ikan dengan menggunakan kaca, akan tetapi kita akan memanfaatkan tanah dan semen sebagai tempat untuk membuat wadah ikan.

Tahapan Membuat Kolam

1. Sebelum melangkah lebih jauh ke depan, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu konstruksi kolam yang akan dibangun. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kebocoran wadah sehingga kolam bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

2. Pengukuran kedalaman juga sangat diperlukan. Banyak kita melihat kolam ikan di buat dengan kedalaman yang sangat tinggi sehingga ikan tidak bisa dengan mudah dilihat.

Walaupun kolam dibuat tidak begitu dalam, bukan berarti ikan koi tak bisa tumbuh degan cepat dan maksimal, hal ini juga perlu keahlian kita dalam mengatur jumlah padat tebar, karena pada prinsipnya, ikan yang dipelihara dengan jumlah yang banyak dalam satu kolam kecil tak akan tumbuh dengan maksimal, disebabkan oleh minimnya oksigen.


3. Buatlah kolam dengan kedalaman  70-100 cm sehingga ikan di dalam bisa leluasa bergerak. disarankan untuk diberi kemiringan pada bagian alas sekira 20-40% dan harus mengarah ke lubang sirkulasi pipa ke media filter. Hal ini bemaksut untuk memudahkan penyaringan sisa metabolisme dengan menggunakan sistem filtrasi.

Membuat sistem filter dengan baik, bertujuan untuk membuat ikan nyaman dan tidak stres, berikut beberapa filter yang bisa dipakai, antara lain:

• Skimmers, alat ini biasa digunakan untuk menyedot sisa kotoran yang mengapung dalam air, cara kerjanya memanfaatkan overflow di dalam kolam.

• Bottom drain untuk membuang kotoran yang ada di air yang tidak bisa mengapung dan biasanya diletakkan di dasar kolam dan akan dibuang dengan melalui lubang bottom drain yang sudah tersedia.

• Vortex chamber, tak jauh beda, fungsinya alat ini untuk dihubungkan dengan bottom drain.

• Rotary drum filter akan menyaring kotoran dan kemudian membuangnya langsung sehingga tidak diperlukan lagi vortex chamber untuk membersihkannya.

• Filter biologi untuk mengubah amonia dari kotoran ikan koi menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan.

• Siklus nitrogen dengan memanfaatkan bakteri nitrosomonas.

• Biobal untuk tempat hidup bakteri pengurai amonia.

•Filter tanaman, seperti eceng gondok dan teratai, jangan terlalu banyak, karena akan menyerap banyak oksigen.

Setelah pembuatan kolam selesai dilaksanakan, kini saatnya bagi Anda untuk mengisi kolam tersebut dengan ikan koi, sebelumnya ada beberapa hal yang tidak boleh luput dari dari perhatian supaya ikan koi dapat hidup dan tumbuh dengan baik, karena ikan tersebut mudah stres bila kondisi lingkungan kurang mendukung:

• Isilah air kolam dengan menggunakan alat pompa air, ingat! Jangan memasukkan air yang mengandung kaporit.

• Air kolam harus digantikan setiap seminggu sekali, agar airnya selalu jernih dan bersih dari bakteri jahat dan patogen.
• Pastikan filter berfungsi dengan baik.

• Ikan yang sudah ditebar harus diberikan makanan 2 kali dalam sehari, pakan bisa Anda kondisikan, seperti pelet dan campuran pakan alami.

• Suhu air harus dikontrol, apalagi lokasi kolam terhubung dengan matahari langsung, biasanya kondisi air kolam akan mudah panas jika matahari sangat terik.

Itulah beberapa trik mudah membuat kolam ikan koi sendiri di rumah, semoga berhasil.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel