10 Jenis Ikan Konsumsi yang Paling Laris

Ikan merupakan salah satu penyedia protein hewani untuk manusia di dunia ini, hampir tidak ada orang yang setiap harinya tidak makan ikan. Ikan juga bertanggung jawab dalam hal menjaga kesehatan manusia, pasalnya hampir 60 persen protein yang dibutuhkan oleh manusia ada dalam tubuh ikan.

"ikan hias cantik"

Beberapa kebaikan dalam tubuh ikan untuk manusia yang paling umum adalah protein, lemak, vitamin A,B,D dan mineral. Namun demikian, tingginya harga ikan di pasaran menjadi kendala tersendiri untuk kita semua, sebab, masih banyak masyarakat indonesia yang hidup dengan latarbelakang ekonomi di bawah setandar/memperihatinkan.

Dalam hal ini, pemerintah juga terus mendorong upaya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Tentunya ini menjadi peluang bisnis akan semakin mengingat setiap tahunnya, konsumsi masyarakat terhadap ikan terus mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan, seperti dari 23,95 kg/kapita/tahun pada 2005 meningkat menjadi 25,03 kg/tahun pada 2006.

Kendati begitu, ada sebahagian masyarakat yang juga masih belum sanggup untuk membeli ikan di pasar, tapi masih ada juga ikan konsumsi yang kisaran harganya terjangkau untuk masyarakat bawahan. Ini dia daftar jenis ikan yang paling umum untuk dikonsumsi dan tentunya memiliki nilai gizi tinggi yang telah kami rangkul:

1. Ikan Tuna
"ikan tuna"

Tuna merupakan masuk ke dalam kelompok ikan perenang handal, memiliki daging yang berwarna merah muda sampai merah tua. Ikan ini mempunyai nilai komersial tinggi dan penting. Tidak sedikit manfaat yang terdapat dalam tubuh ikan tuna.

Baca juga: 4 Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Dunia

Seperti protein untuk mencegah stroke, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kadar trigliserida, sangat bagus untuk kesehatan jantung, mengurangi dan mencegah obesitas, mencegah terkena kanker dan pastinya sumber vitamin B.

Di balik semua itu, sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil mengkonsumsi ikan tuna yang mengandung merkuri. Ibu hamil direkomendasikan untuk tidak memakan lebih dari 6 ons ikan tuna putih perminggu, sebab ikan tuna putih dikabarkan memiliki merkuri yang lebih tinggi dibandingkan ikan tuna biasa.

Terdapat banyak sekali ikan tuna yang sudah diolah menjadi kuliner enak bahkan bisa dijadikan usaha yang dapat mengalirkan pundi-pundi rupiah untuk yang mau. Ini dia jenis olahan dari ikan tuna yang dikembangkan di masyarakat;

Bakso tuna
Nugget tuna
Kerupuk tuna
Sosis tuna
Abon tuna

2. Ikan Teri

"ikan teri untuk konsumsi"

Ikan teri merupakan ikan yang memiliki ukuran panjang maksimal 5 cm, ikan ini juga kerap dinamakan dengan ikan bilis, Ikan teri masuk dalam golongan ikan yang diekspor ke luar negeri, lantaran ikan ini memiliki jumlah yang sangat banyak di Indonesia, sehingga tak ayal bila ikan ini menjadi salah satu target penjualan ke ke luar negeri.

Ini dia jenis olahan ikan teri:

Teri goreng dalam kemasan (contoh Teri Bajak asal Medan)
Rempeyek (peyek) teri

3. Ikan Sarden

"ikan sarden untuk konsumsi"

Ikan ini masuk ke dalam kelompok ikan yang paling sering dikonsumsi manusia. spesies ini dinamakan dengan "sarden" karena khususnya untuk di-kalengkan. Sarden dapat dimakan hingga tulang-tulangnya.

Proses pengalengan sarden adalah dari ikan yang ditangkap, dicuci di pabrik pengolahannya lalu dibuang terlebih dahulu kepalanya dimasak.

Berikut produk olahan sarden:

Masakan sarden sosis kuah
Masakan sarden kering pedas
Masakan sarden pedas pindang
Masakan sarden tauco pedas

4. Ikan Tongkol

"ikan tongkol untuk konsumsi"

Ikan ini menjadi salah satu mangsa favorit bagi nelayan. Di luar negeri ikan tongkol dikenal dengan nama "kawakawa", little tuna, mackerel tunai atau false albacore. Ikan ini memiliki kebiasaan bergerombol dengan berbagai jenis ikan lainnya seperti ikan tuna.

Baca juga: Jenis Ikan Louhan Termahal di Dunia

Dalam hal kebiasaan makan, tongkol menyukai udang, sejenis cumi-cumi dan sotong serta jenis ikan kecil lainnya, akan tetapi ikan ini juga menjadi mangsa cucut. Ikan tongkol mengandung banyak manfaat untuk manusia, seperti untuk kesehatan mata, mengatasi linu tulang dan rematik, mengobati anemia, mencegah kulit kusam dan mencegah ejakulasi dini.

Ikan tongkol yang ditangkap di perairan bersih dan bebas merkuri baik sekali jika dimakan oleh ibu hamil, nutrisinya banyak sekali, tapi hati-hati tongkol yang mengandung merkuri karena bisa mengakibatkan cacat otak pada janin. Disarankan untuk membuang kepalanya terlebih dahulu sebelum di masak, cukup makan dagingnya saja.

Tongkol bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Berikut olahan tongkol:

Kerupuk tongkol
Pindang tongkol
Sarden ikan tongkol
Nugget tongkol
Abon tongkol
Sup ikan tongkol

5. Ikan Tenggiri

"jenis ikan tenggiri"

Tengkiri memiliki hubungan dengan ikan tongkol, karena masih bersaudara, Ikan ini banyak digemari, biasa diperdagangkan dalam bentuk segar, kering atau diolah menjadi bakso, siomay, kerupuk dan masih banyak yang bisa diolah dari ikan ini.

Di alam bebas, ikan tenggiri sering berenang bergerombol dan terkadang berdekatan dengan pantai, tergantung makanan yang tersedia di laut. Pada umumnya, ikan ini dijual dalam keadaan segar atau beku, namun jika di negara maju dipasarkan dalam bentuk fillet (daging ikan tanpa sisik dan tulang).

Daftar jenis olahan ikan tenggiri:

Sosis ikan tenggiri
Sup ikan tenggiri
Otak-otak ikan tenggiri
Fish finger (makanan dengan bahan baku ikan tenggiri, difilet, dilapisi predust kemudian dibalut dengan tepung roti)
Pop fish tenggiri
Cripsy breaded roll
Sesame braded scrombe ( ini adalah jajanan dari ikan tenggiri yang dipotong tipis dan digoreng)
Seafood croquete (makanan camilan dari lumatan kentang, dikukus dan dicampur dengan potongan ikan tenggiri dan juga cumi)
Bakso ikan tenggiri
Siomay ikan tenggiri
Makanan olahan dari ikan
Kerupuk ikan tenggiri
Pempek dari ikan tenggiri

6. Ikan kuwe

"ikan kuwe untuk konsumsi"

Mungkin banyak diantara kita yang masih penasaran kenap sih ikan ini disebut sebagai kuwe? Ya, alasannya karena ikan ini berada di kawasan tropis Indo-Pasifik. ikan ini masuk ke dalam jenis ikan dagang dan ikan pancingan, ukuran tubuhnya bisa mencapai Panjang 170 cm dan berat 80 kg.

Oleh karena memiliki rasa yang begitu enak ikan ini pun memiliki nilai jual yang cukup tinggi, untuk olahan bisa ikan ini dijadikan masakan enak, seperti:

Ikan kuwe bakar asam manis pedas sambal kecap
Ikan kuwe goreng
Pindang kuwe
Gulai ikan kuwe
Ikan kuwe bakar bumbu ketumbar
Sup ikan kuwe
Ikan kuwe panggang

7. Ikan kerapu

"ikan kerapu besar"

Ikan kerapu terbagi ke dalam banyak jenis dan varietasnya, pada saat menjelang perayaan hari imlek, harga ikan kerapu akan meroket tinggi, sebab Ikan kerapu merupakan salah satu jenis hewan konsumsi istimewa bagi orang Asia Timur, seperti Jepang, Cina, hongkong dan Taiwan.

Ikan ini biasanya menjadi target kalangan berduit, jenis kerapu yang dikonsumsi diantaranya kerapu lumpur, kerapu sunu dan kerapu macan. ikan ini memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit jantung, sangat baik juga untuk pertumbuhan kecerdasan anak, karena mengandung omega-3.

Kekurangannya, ikan ini mengandung merkuri yang tinggi, bagi ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi ikan kerapu.

Berikut ini olahan ikan kerapu yang umumnya berupa masakan:

Pindang kerapu
Steam oven kerapu
Kerapu goreng asam manis
Tom yam ikan kerapu
Steam ikan kerapu
Balado ikan kerapu asin
Ikan kerapu bumbu tauco
Gulai ikan kerapu kacang panjang


8. Ikan Kakap


"ikan kakap"


Ikan ini biasanya hidup bergerombol di daerah karang dan terumbu karang serta menghuni perairan dasar. Ikan ini merupakan ikan khas Kepulauan Riau sebab terdapat banyak ikan kakap tinggal di sana. Jenis jenisnya, ikan ini memiliki banyak sekali saudara.

Berikut ini olahan dari ikan kakap:

Tahu ikan kakap
Sosis ikan kakap
Fillet kakap crispy
Bakwan ikan kakap
Fish stick ikan kakap
Siomay ikan kakap
Nugget ikan kakap
Bakso kakap
Pepes fillet kakap balut tahu
Ikan kakap goreng tepung
Kakap nori egg rolls

9. Ikan kembung

"ikan kembung"

Walaupun memiliki ukuran yang mungil, ikan ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan ikan tenggiri, tongkol mackerel dan juga ikan tuna. Untuk urusan nilai ekonomi, ikan kembung memiliki nilai ekonomis menengah. Bagi nelayan, ikan ini masuk salah satu target buruan yang penting.

Di pasaran, ikan kembung biasa dijual segar atau dipindang, namun ada juga yang diasinkan supaya lebih tahan lama.

Baca juga: Klasifikasi dan Morfologi Ikan Guppy

Bagi para pemancing ikan cakalang, kembung tidak bisa dipisahkan lagi, sebab mereka kerap memakai ikan kembung untuk dijadikan sebagai umpan pancing.

Berikut olahan dari ikan kembung yang umumnya adalah masakan:

Ikan kembung goreng garing
Ikan kembung bumbu merah
Pesmol ikan kembung bumbu kuning
Ikan kembung bakar
Sambal pete kembung
Pepes kembung
Pindang ikan kembung pedas
Suwir kembung saos tiram

10. Cumi-Cumi

"cumi-cumi untuk konsumsi"

Cumi-cumi adalah jenis moluska (hewan bertubuh lunak) yang tinggal di laut. cumi-cumi tergolong hewan tidak bertulang belakang (invertebrata). Di lautan ada jenis cumi yang berkemampuan bisa memancarkan cahaya “Heteroteuthis”.

Berbicara masalah ukuran, biasa cumi-cumi biasa memiliki panjang tubuh sekira 5,1 cm, walaupun demikian ada juga yang berukuran jumbo, dengan kisaran panjang 15 meter. Cumi yang biasa dijadikan untuk hewan konsumsi adalah Jenis “Loligo Pealei”.

Cumi-cumi yang sudah berukuran besar bisa membahayakan manusia, bisanya akan menjadi masalah untuk para penyelam (diving), karena cumi memiliki senjata untuk bertahan yang disebut “tentakel”, ini merupakan racun pada cumi, biasa hewan lunak itu akan melepaskan racunnya saat merasa dirinya terancam. Kandungan gizi cumi-cumi cukup baik bagi manusia,

Berikut ini olahan dari cumi-cumi:

Cumi panggang sambal kecap
Dendeng cumi
Bakwan cumi bumbu kunyit
Cumi goreng tepung
Cumi goreng crispy
Cumi bakar isi ketan
Tumis cumi asin
Cumi saos tiram
Cumi kangkung pedas

Nah, itulah teman-teman daftar ikan yang biasa untuk dikonsumsi, bila teman-teman punya keinginan untuk memluai usaha yang bergerak dalam bidang perikanan, artikel ini bisa menjadi bahan masukan untuk Anda. Ikan apa yang akan Anda kembangkan.

Artikel ini dirangkul dari berbagai sumber.

Subscribe to receive free email updates: