Jenis Ikan Louhan Termahal di Dunia Ini


Ikan louhan adalah ikan hias yang sangat dikenal di seluruh penjuru bumi ini, dengan warna sisik dan benjolan yang khas di kepalanya. 

Di negeri tetangga, Ikan louhan banyak digemari karena memiliki kepala menonjol dan dikenal sebagai Karoi atau “Kapal Perang”.

"ikan louhan termahal di dunia"


Ikan Louhan ini pula banyak digemari di Negara Taiwan lantaran asumsi mereka ikan louhan yang dahinya menonjol dan ekornya yang panjang merupakan tanda keberuntungan dalam geomenasi.

Ikan louhan pertama kali ada di asia pada Pada tahun 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang dikirim langsung dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari negara Taiwan ke Malaysia.


Oleh sebab warnanya yang begitu memukau, tingkat kepopuleran ikan ini menjadi sangat melejit. Penyempurnaan secara selektif berlanjut terus hingga pada tahun 1998, ketika Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan.

Akhirnya pembelesteran ini menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang kemudian diikuti dengan perkenalan flowerhorn berikutnya, nah bagi yang masih penasaran apa saja jenis ikan louhan, Anda bisa menyimaknya sebagai berikut:

Klasifikasi Ikan Louhan
Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Family Cichlidae
Genus Amphilophus
Spesies A. trimaculatus

1. Ikan Louhan Golden Base

"Louhan Golden Base"

Ikan ini mempunyai warna yang khas di antara jenis Ikan louhan atau flowerhorn fish lainnya, di seluruh tubuhnya berwarna kuning kemerahan, walau[un bentuknya sama, akan tetapi jenis ini tidak sama seperti ikan louhan jenis lainnya.

Jenis ini tak memiliki marking seperti halnya louhan lain. Kesimpulannya, louhan ini tidak ada garis hitam pada bagian tubuhnya 

2. Ikan Louhan Kemalau

"ikan Louhan Kemalau"

Jenis ini adalah yang paling banyak diincar, namun demikian, jenis ini termasuk sangat langka dan hampir mendekati masa kepunahan. Bila memang pun ada, harga jualnya bisa saja menembus angka Rp50 juta rupiah,

Ikan louhan kemalau mempunyai mutiara khas, matanya masuk ke dalam, bentuk rahang yang kuat, memiliki insang cembung

3. Ikan Louhan Cencu

"Louhan Cencu"

Jenis ini merupakan paling populer saat ini, Louhan cencu ini sendiri sudah dikembangkan menjadi dua varietas, yakni dengan pola warna modern dan klasik.

Cencu klasik: warnanya yang lebih menonjol dibandingkan jenis modern dan mutiaranya tak terlalu banyak. Jika dilihat dari morfologi, bentuk dan ukuran tubuh lebih besar dari varietas modern, sedikit agak elips dan jenong di bagian kepalanya tak terlalu besar.

Cencu modern: mutiaranya lebih banyak hingga pada bagian kepala dan pipi, sehingga membuat warna dan bentuk ikan ini kian menarik untuk disaksikan.

Dari bentuk jenongnya juga sudah terlihat saat masih belum dewasa, akan tetapi baru sebatas waterhead. Ikan ini juga dibanderol dengan harga yang tidak murah, yakni satu ekor berkisar dari Rp40.000-Rp 1.250.000.

4. Ikan Louhan kamfa 

"ikan Louhan kamfa "

Tidak sedikit para pencinta ikan hias yang sudah beralih memelihara ikan ini, jenis ini biasa disebut golden flower. Ikan ini tidak susah untuk dikenal, terutama dari siripnya yang agak lebih lebar dan sedikit kaku dari ikan Louhan jenis lain.

Dari segi markingnya, ikan ini memang sangat beda, Louhan cencu memiliki marking besar di badan juga kepala, sementara Louhan kamfa tak ada marking.


Tapi, bila ada marking pada kepala ikan itu, tak menutup kemungkinan Louhan Kamfa tersebu ialah hasil perkawinan silang gen. Untuk masalah harga, ikan ini pun tidak tanggung-tanggung, yaitu perkornya bisa mencapai Rp200 juta.

5. Ikan Super Red Dragon

"ikan louhan Super Red Dragon"

Ikan ini sangat terkenal di Thailand, Jenis ini begitu populer di kalangan pencinta louhan di Asia baik di Singapore, Malaysia maupun di tanah air kita sendiri. Yang menjadi objek daya tarik ikan ini adalah karena memiliki warna merah yang terang serta tajam.

Waran merahnya bisa mencapai setengah badan dari ikan louhan ini, oleh sebab itu pula harga louhan super red dragon pun tergolong cukup menguras kantong, untuk ukuran sekira 5 jari harganya sekitar 1 hingga 2 juta rupiah.

Sementara ukuran yang lebih besar harganya bisa saja sampai 2 -5 juta, dan semakin besar nonongnya harganya juga ikut mahal.

6. Ikan Louhan Super Red Texas (SRT) 

"ikan Louhan Super Red Texas (SRT) "

Louhan Super Red Texas (SRT) juga masuk salah satu ikan Louhan yang berasal dari negara Negara Gajah Putih. Jenis ini dibiakkan dari jenis texas chiclid murni yang berasal dari Amerika.
Untuk banderol ikan ini dengan ukuran 2 inci menembus angka Rp.500.000 perindividunya. 

7. Ikan Louhan Rainbow King

"ikan Louhan Rainbow King"

Jenis ikan louhan yang satu ini dari Singapura, ikan ini jadi raja di beberapa kontes louhan internasional. Sehingga menjadikan louhan Rainbow King semakin lebih populer saja dibanding ikan louhan jenis kamfa.

Dari sektor warna tubuh, ikan Louhan rainbow king ini kian cantik karena warnanya yang cerah dari perpaduan warna kuning-merah dan ada juga yang berwarna biru.

Marking horizontal-nya sudah terlihat meskipun masih belum menjadi dewasa. Ikan ini diharga Rp 1.000.000 setiap individunya.

8. Ikan Louhan Super Red Synspillum

"ikan louhan Super Red Synspillum"

Thailand pernah membuat persilangan gen ikan ini, hingga muncul spesies baru baru yang dinamakan Super Res Synspillum (SRS) hingga mendapat nama julukan sebagai kamfa dari thailand.

Dengan warnanya yang begitu khas, yaitu perpaduan oranye bercampur merah bata membuat ikan Louhan ini begitu cantik dan menggoda bila dipandang.

Di segment harga, ikan ini menjadi raja yang paling mahal, satu individu di lelang mencapai Rp 500.000 per ekor.

9. Ikan Louhan Golden Red

"ikan Louhan Golden Red"

Masih sama, ikan ini berasal dari Thailand. louhan golden trimaculatus (nama yang sering disebutkan) ini mempunyai perpaduan warna merah-kuning. Namun saat masih kecil belum muncul warna ini.

Saatt masih usia dini ikan louhan ini mirip dengan jenis cencu. Untuk mendapatkan perpaduan warna merah serta kuning yang cantik, louhan golden red harus bermutasi terlebih dahulu.

Mutasi yang dimaksud  di sini adalah perubahan sisik pada ikan. Proses mutasi mempunyai beberapa tahap yaitu sisik dari warna biasa (seperti warna louhan pada umumnya saat kecil) menjadi hitam arang. Selanjtunya warna ini akan berubah ke warna terakhir yakni perpaduan warna merah dan kuning.

Kisaran harganya mencapai Rp900 juta, sangat beruntung jika memiliki ikan ini.

Itulah beberapa jenis ikan hias louhan termahal yang telah kami ulas, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua, Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Sumber: dirangkul dari banyak artikel dan jurnal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel