4 Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Dunia

Ikan mas Koki (Carrasius auratus) adalah salah satu jenis ikan hias yang begitu digemari oleh banyak orang dan memiliki nilai ekonomis yang sangat menjanjikan.

Bentuk tubuh serta variasi warna yang terbentuk pada ikan mas koki merupakan alasan kuat ikan ini banyak digemari.

"ikan mas koki termahal di dunia"


Oleh karena perkembangan zaman yang semakin meningkat, warna dan corak ikan mas koki juga semakin banyak, mengingat tidak sedikit penelitian tentang ikan mas koki yang dibuat oleh ilmuwan sehingga memunculkan banyak sepesies yang baru.


Namun demikian, ada sebagian ikan mas koki yang dihasilkan dengan warna yang sangat cantik dan harga yang cuku tinggi pula, berikut ini kami akan memberikan ulasan apa saja jenis ikan mas koki terbaik dan termahal di dunia.

1. Ikan mas koki fantail

"ikan mas koki fantail"
Ikan mas koki fantail
Ikan mas ini memiliki ekor yang mirip dengan bola, itu merupakan salah satu hal yang membuat ikan ini menjadi sangat digemari.

Ekor itu berbentuk mekar di bagian dasarnya sedikit memanjang layaknya ekor rumbai. Nah, pada sirip punggung, jenis ini berbentuk yang tegah dengan dua sirip di sebelah dada.
Untuk kisaran harga memang terbilang tinggi, yakni Rp30.000 untuk setiap individunya.

2. Ikan mas koki wakin

"mas koki wakin"


Ikan mas koki atau yang biasa dikenal dengan sebutan ikan makoki (common goldfish). Dari segi bentuk, memang ikan ini agak mirip dengan bentuk awal mula ikan mas koki, sebab jenis ini dihasilkan dari beberapa perkawinan silang gen.

Bentuk khasnya memanjang tapi agak terlihat bundar walaupun tak terlalu bundar seperti ikan koki yang biasanya. Di bagian ekornya ikan wakin berbentuk lebih lebar dengan panjang hingga 17-20 cm.

Mengenai harga, ikan ini akan dilepas dengan nilai tukar rupiah Rp 45.000 perindividunya.

3. Ikan mas koki lionhead

"mas koki lionhead"
Ikan mas koki lionhead
Ciri khas ikan ini, pada bagian punggungnya tidak ada sirip, akan tetapi ikan hias ini mempunyai 5 buah sirip pada bagian tubuh lainnya. Bentuknya pun  pendek agak membulat, mirip seperti bola.

Di bagian punggung terlihat sedikit lebih cembung serta melengkung di bagian ekornya. Sirip dada dan perut agak sedikit kecil, semenatara sirip ekornya menyerupai telapak tangan yang terbalik.

Masalah harga, memang ikan ini lumayan tinggi, bagi yang ingin memilikinya harus meregoh kocek hingga Rp50.000 untuk setiap individunya.

4. Ikan mas koki mata balon

"mas koki mata balon"

Untuk jenis ikan hias koki ini memiliki gelembung yang terletak di bawah pelupuk matanya. Gelembung itu sendiri berisi air, Ukuran gelembungnya juga bervariasi, namun gelembung itu bisa pecah dengan sendirinya.

Akan tetapi, gelembung tersebut dapat muncul kembali dalam kurun waktu beberapa minggu. Biasa ikan mas koki ini dihargai Rp 40.000 satu individunya.

Itulah jenis ikan mas koki terbaik yang kerap dicari oleh para pencinta ikan hias, tak jarang pula orang pelihara ikan tersebut, karena bisa menambah penghasilan rumah tangga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel