Rahasia Jitu Memancing Ikan Mujair, Ssst... Jangan Sampai Orang Lain Tahu

Rahasia Cara memancing ikan mujair, Ssst...Jangan Sampai Ketahuan Orang lain- Memancing ikan mujair merupakan sebuah pekerjaan atau hobi yang dilakukan oleh segelintir orang yang ada di muka bumi ini.
"rahasia jitu memancing ikan air tawar"
Credit: tenkarausa.com
Kegiatan memancing memang sudah ada sejak zaman purba kala, namun demikian, tingkat kecanggihan teknologi dalam upaya memancing ikan belumlah maju seperti saat ini. Biasa, banyak diantara kita yang memancing hanya sekedar untuk hobi, melepaskan rasa stres akibat pekerjaan yang sudah kian menumpuk akibat pekerjaan, untuk mengais rupiah guna menghidupkan perputaran ekonomi bawahan, dan masih banyak lagi tujuan memancing.

Oleh sebab itu, dalam kegiatan memancing ikan tidak hanya saja cukup berbekal pancing dan umpan seadanya saja, sama halnya juga dengan melakukan kegiatan lain, mancing ikan juga punya trik dan teknik tersendiri, misalnya saja, memancing ikan air tawar jauh lebih berbeda dengan memancing ikan air asin, mulai dari penggunaan joran hingga cara mengangkat ikan sambaran.

Tapi Anda jangan khawair, Superperikanan.com hadir khusus untuk Anda kali ini memberikan tutorial memancing ikan mujair agar mendapatkan hasil yang maksimal:

1.Tempat Peralatan Pancing

Sebelum kita menghentakkan kaki menuju lokasi pancing, yang harus kita siapkan terlebih dahulu adalah tempat untuk menaruh alat pancing, tempat ini dugunakan untuk menyimpan segala peralatan pancing yang akan kita gunakan.

2. Mengetahui Kebiasaan Makan Ikan Mujair



Ini merupakan hal yang tak kalah penting untuk kita pelajari sebelum terlanjur berangkat memancing ikan mujair, tidak sedikit para pemancing dan juga Anda mungkin juga pernah mengabaikan salah satu faktor yang sangat menentukan ini, baik itu kita lakukan secara bersahaja maupun karena lupa.

Baca: Umpan Ampuh Mancing Ikan Patin

Perlu kita ketahui bersama, untuk ikan mujair sendiri merupakan ikan bertipe (Omnivora) atau dengan bahasa sederhana ikan pemakan segalanya, dan ikan ini juga aktif pada siang hari atau disebut (diurnal).

Mujair termasuk ikan yang bermain di permuakaan atau dasar perairan?

Nah, dalam kasus ini, mujair memang merupakan ikan yang memilki kebiasaan mencari nafkah (food habits) di atas permukaan (pelagis), ikan mujair pada umumnya menghabiskan hari-hari di atas permukaan air.

Mujair masuk kategori diurnal atau nocturnal?

Seperti yang telah kami singgung di atas, bahwasanaya berdasarkan waktu makan, ikan dibagi dalam dua kelompok, ada yang aktif pada malam (Nocturnal) kayak musang dan ada pula yang memanfaatkan waktu siang untuk mengumpulkan makanan.

Untuk ikan mujair sendiri tergolong kepada ikan yang mencari makan pada siang hari (diurnal), sementara ketika memasuki malam, ikan ini memilih untuk berdiam diri di tempat tinggalnya di sarang.

3. Memilih Lokasi Mancing yang Tepat


Credit: mancinginfo.com
Ini merupakan poin yang sangat sakral untuk diperhaatikan, tidak boleh diabaikan  jika ingin usaha Anda tidak gagal dan juga membuang-buang waktu, ikan mujair merupakan ikan bisa hidup dan berkembang di mana saja sebab mampu bertoleransi terhadap perubahan salinitas perairan (eurihalin), habitat aslinya di air tawar, namun ada juga sebagian yang menjatuhkan pilihan untuk tinggal di air payau.

Ikan mujair biasanya tinggal di rawa-rawa, waduk, sungai, baik yang berarus deras maupun yang sifat airnya tenang, dan juga di daerah tambakan.

4. Memilih Waktu yang Tepat


"waktu memancing yang baik"
Foto: anakyusuff.blogspot.com
Terlepas dari faktor tempat memancing yang cocok untuk mendapatkan ikan mujair, ada satu hal lagi yang peranannya tak bisa dikesampingkan, yakni waktu. Bagi para pemancing yang memiliki tugas dan kesibukan kerja baik di perusaan maupun pegawai negeri, biasa mereka memancing pada hari libur (sabtu/minggu), namun bagi boss perusahaan mereka tidak ada ikatan dinas, bebas menyisikan waktu untuk memancing kapan saja.

Pukul berapa yang baik memancing ikan mujair?

Untuk mancing ikan mujair sendiri, waktu yang baik adalah pada saat siang hari, lantaran pada jam itu ikan mujair sedang mencari makan untuk mengisi perut yang kosong (kayak manusia juga).

Baca: Lokasi Memancing Ikan Terbaik di Seluruh Indonesia

Akan tetapi, Anda juga masih bisa memancing pada waktu selain siang hari, kecuali pada saat malam.

Ingat!!! Kami tidak menyarankan untuk mancing ikan mujair pada waktu malam tiba.

5. Memasang Mata Pancing dan Jenis Senar


Foto: mancing mania
Setelah Anda tiba di lokasi, pemasangan pancing harus benar-benar teliti dilakukan agar mata pancingnya tidak terlepas saat mendapat sambaran dari ikan mujair bidikan kita.

Saran kami, gunakan joran tegek dengan panjang 360 cm sampai 450cm sesuai dengan keinginan Aanda untuk mendapatkan sensasi strike yang amajing.

Senar yang digunakan: 0.50mm Test : 40Lbs kemampuan diatas 2kg, atau anda dapat memilih sesuai keinginan anda.

Berapa ukuran mata pancing yang baik?

Banyak para pemancing ikan air tawar yang menanyakan hal itu, ukuran mata kail yang baik adalah no. 3,4 atau 5, lantas, merek yang baik SASAME lantaran memiliki mata yang begitu tajam dan pastinya kuat, tentu hal ini akan membuat Anda tidak kerepotan dalam menggonta-ganti mata kail.

Pelampung 

Untuk urusan pelampung,  pilihlah pelampung jalan sebab memiliki sensitifitas tinggi jika umpan disambar oleh ikan mujair.

7. Persiapan Umpan dan Jenisnya


Foto: mancing mania
Mujair adalah ikan yang akan menghantam segala jenis makanan, karenanya kita bebas bisa memilih umpan apa saja yang kami rekomendasikan di bawah ini.

a.Umpan lumut

Lumut sangat digemari oleh ikan mujair, sediakan terlebih dahulu lumut secukupnya saja,  sebelum lumut itu kita gunakan, masukan air secukupnya ke dalam ember kira-kira ukurannya 5kg, selanjutnya masukan vanili serta aduk sampai merata.

Tujuan penggunaan vanili untuk membuat membuat lumut lebih beraroma dan akan menyebabkan ketertarikan pada ikan mujair.

“ Ini sudah saya buktikan sendiri bersama rekan pemancing lainya di beberapa tempat yang berbeda, dan hasilnya bisa anda buktikan sendiri,” kata salah satu pemancing profesional.

Setelah lumut dimasukkan ke dalam ember tadi, aduklah secara perlahan supaya lumut tersebut tidak rusak teksturnya. Hindari terkena matahari langsung, sebab jika terkena sinar akan mudah rusak lumutnya serta akan menyebabkan baunya menurun.

Cara pasangnya- yaitu dengan memasukannya ke dalam ember dan putarlah secara perlahan, dan umpan akan membungkus mata pancing.

Ingat! Tidak semua jenis lumut bisa kita gunakan dengan cara kita lilitkan pada mata kail. Guna menjda keutuhan bentuk lumut dan mudah pada saat dipasang, rendamlah terlebih dahulu ke dalam air yang sudah digarami.

b. Umpan cacing

Seperti halnya memancing ikan lainnya, cacing sangat cocok dipakai untuk memancing ikan mujair, untuk cara memasangnya sperti biasa yang telah Anda lakukan, namun ada juga yang berpendapat, kalau menggunakan cacing akan lama untuk disambar oleh ikan target.

c. Umpan udang

udang juga kerap digunakan oleh para pemancing untuk membawa pulang ikan mujair, namun, udang yang harus dipakai adalah yang berasal dari air tawar.

Cara pakai- Tancapkan udang yang telah anda sediakan di mata kail Anda seperti biasa Anda gunakan.

d.Umpan Ulat belimbing

Kenapa dinamakan ulat belimbing, karena biasanya ulat ini terdapat pada pohon belimbing, walaupun seperti itu, Anda juga masih dapat memakai ulat pisang sebagai umpan untuk ikan mujair, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya ulat ini pada daun pisang yang masih segar, tapi, bila daunnya sudah mengering, ulatnya sudah berubah bentuk menjdi kepompong.

e. Umpan laron

Laron juga salah satu pakan yang  d sukai oleh si mujair, ikan yang menghuni perairan rawa paling doyan memburu makanan ini.

f. Umpan kupu-kupu, capung, dan jangkrik

Umpan yang ini juga tidak bisa disepelekan, “saya biasanya memakai umpan ini saat memancing di waduk,” pungkas salah satu pemancing yang sudah berpengalaman.

9. Teknik Melempar Pancing dan Mencari Spot
Foto: tipsjituteknikmemancing.blogspot.com
Mengenai cara melempar, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, namun usahakan untuk melempar pancignnya pada zona ikan mujair, ikan mujair bertipe bergrombolan.

Hotspot pada perairan umum- khusus untuk perairan umum, titik hotspot tiap perairan berbeda-beda antara satu sama lain, namun sebagai patokan, biasa ikan sangat menyukai perairan masuk, dengan demikian, hal tersebut bisa menjadi acuan untuk Anda.

Hosspot di kolam- pada pertengahan kolam yang mempunyai pencuran air, outlet-inlet kolam atau tempat masuk dan keluarnya air kolam, di pinggiran kolam yang ditumbuhi oleh banyak tumbuhan air.

10. Teknik Memancing Lobang (khusus Ikan Mujair Besar)

Mancing lobang adalah istilah mancing ikan mujair tepat di dalamnya. Mujair terbiasa membuat sarang yang berbentuk lobang pada dasar rawa dan kolam, pembuatan saran ini untuk memijah.

Cara mancing- yaitu mencari terlebih dulu lobang-lobang tersebut di perairan yang dihuni oleh mujair. Biasa mujair membuat sarang di tepian yang agak dangkal dengan kerimbunan tanaman air.

Joran yang dipakai- berjenis tegeg tanpa ril dan kenur sepanjag joran saja. Namun Anda bisa juga memilih joran biasa dengan dipadu oleh ril dengan rangkaian kayak mancing ikan mas pakai pelampung.

 pemilihan pelampung boleh yang berbentuk bulat, mata kail dirangkai 2 atau 3, usahakan mencari mata kail model jangkar payung seperti yang dipakai untuk memancing ikan baronang.

Namun jika kesulitan mendapatkannya, cari yang khusus dibuat untuk mancing lobang, rangkai kail ini bisa Anda rakit sendiri. Mata kail ini bisa dibuat 4 rangkaian dengan jarak antar rangkaian sekitar 20 cm.

Jangan menggunakan umpan

Mancing lobang ini tidak memerlukan umpan, langkah awal, anda hanya harus menyetel pelampung sepanjang kedalamean rata-rata. Lantas tenggelamkan secara perlahan ke perairan, pindahkan ke kiri atau kanan.

Baca: Belum Tau Apa Itu Ikan? Ini Penjelasannya

Jika ikan ada dalam lobang, maka ikan mujair sasaran kita akan berusaha menyingkirkan rangkai kail, pada saat ini membuat pelampung bergerak-gerak  dan memberi pertanda bahwa sudah saatnya Anda menarik pancingan dengan hati-hati dan cermat.

Kami kira cukup sekian tutorial memancing ikan mujair, semoga bisa membawa angin segar dan berkah untuk sahabat yang membutuhkan cara memancing ikan mujair.
Namun perlu diingat, jika belum berhasil mendapatkan ikan target, ulangi lagi cara di atas dan juga meminta kepada Tuhan agar diberikan rezeki yang banyak, apapun cerita kita hanya bisa berusaha.

Baca juga: Ini Alasan Komplit Kenapa Ikan Bau Amis, Baca Hingga Tuntas!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel