5 Jenis Ikan Hias Kecil yang Sangat Cocok Dipelihara dalam Aquarium

Ikan hias merupakan ikan yang biasanya dipelihara untuk hiasan mata saja, di negara Indonesia untuk mencari ikan hias masih sangat mudah, tidak harus membeli, Anda bisa mencarinya sendiri ke dalam selokan atau parit-parit dekat rumah.
budidaya ikan hias kecil dalam akurium

Ketertarikan warga terhadap ikan hias kian hari semakin bertambah, ya. Namanya saj ikan hias, namun akhir-akhir ini banyak warga yang memburu ikan hias dengan ukuran yang lebih kecil, banyak alasan kenapa kalangan pecinta ikan hias sekarang sudah mulai menargetkan ikan hias yang ukurannya minim-minim saja.

Satu diantaranya karna mudah dalam perawatan, tidak membutuhkan banyak ruan, pakan irit, dan yang pastinya sudah mulai bosan dengan ikan yang memiliki ukuran jumbo, ikan hias kecil bisa ditempatkan di mana saja, baik dalam kamar maupun di kantor.

Nah, jika kamu sedang mencari ikan hias dengan ukuran kecil, namun tidak tahu mau pilih jenis apa? Kami merekomendasikan 5 jenis ikan ini untuk anda pelihara di rumah atau di kantor:

1. Ikan Guppy
ikan guppy budidaya dalam aquarium

Ikan gupi, ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar (Poecilia reticulata), merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di seluruh dunia. Lantaran mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini sudah menjadi ikan liar yang memenuhi perairan selokan dan parit.

Dalam perdagangan ikan hias ikan ini disebut sebagai guppy atau juga millionfish[1], di berbagai daerlokal seperti gepi (Btw.), bungkreung (Sd.), cethul atau cithul (Jw.), klataw (Bjn.), dan lain-lain.

2. Ikan Pedang (Swortail)
pelihara ikan hias pedang

Ikan pedang/Swordtail/Xiphophorus helleri merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar terpopuler saat ini. Nama Xiphophorus berasal dari bahasa Yunani (pedang) dan juga (pembawa). Swordtail termasuk dalam jenis Livebearers, yakni ikan yang berkembang biak melalui pembuahan internal.

Tidak sama dengan kebanyakan ikan, Livebearers melahirkan anak-anak mereka. Bersama ikan Guppy ( Poecilia reticulata), Platy (Xiphophorus maculatus) dan Molly (Poecilia sphenops), Swordtail tergabung dalam keluarga Poecilidae.


Ukuran ikan pedang yang sudah besar antara 10-12 cm. Di dalam akuarium, ikan pedang senang berenang di daerah sekitar permukaan air. Perbandingan jumlah ikan pedang jantan serta betina yang ideal ialah 1:3. Ikan pedang jantan dikenal aktif dalam merayu pasangan. bila jumlah jantan melebihi rasio ideal, ikan pedang betina akan mudah kelelahan dan stress sebab terus menerus diganggu oleh beberapa pejantan.

3. Ikan Moli
cara pelihara ikan moli

Ikan molly (Poecilia sphenops) berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Berdasarkan makanan ikan ini bersifat omnivore (pemakan segala). Ukuran tubuhnya relatif  besar, maksimal sekitar 12 cm, hingga saat ini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna serta bentuk tubuh yang beragam akibat sebab persilangan gen dan. Molly balon, misalnya, yang memiliki bentuk seperti bola, ikan ini akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.

4. Ikan cupang

cara budidaya ikan cupang

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

5. Ikan Black Ghost
cara pelihara ikan black ghost

Kenapa ikan ini dinamakan dengan sebutan black ghost, karena ini memiliki bentuk tubuh agak mistis, sekilas ikan ini mirip dengan hantu, karna warnanya gelap. Dengan warna tubuhnya yang kesemuanya hitam ini, kecuali bagian ekor (ada lilitan warna putih pada ekor), akan sangat cantik bila ada di akuarium hias kita.


Ikan black ghost (Apterontus albifrons), asalnya dari sungai amazon, selain bernama setan hitam, juga kerap disebut dengan "penari balet", karena kelenturan ikan black ghost saat berenang maju dan mudur serta jungkir balik inilah ikan black ghost dinamai si penari balet.

Tak hanya itu saja, black ghost dikenal juga dengan nama ikan bendera, sebab ketika ikan black ghost berenang tubuhnya seperti bendera yang berkibar ditiup oleh angin.

Namun ada juga sebagian yang menyebutnya "si bulu ayam", sebab ikan black ghost ketika bergerak membentuk sudut 90 derajat, tubuhnya layaknya bulu ayam yang tegak berwarna hitam.

Itulah 5 jenis ikan yang sangat cocok dipelihara dalam aquarium, dengan segala pertimbangan kami merekomendasikan ikan ini untuk Anda, mudah, murah, ramah, dan tentunya kecil seperti yang anda inginkan.

Subscribe to receive free email updates: