Jenis Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar

Oke teman-teman kali ini saya akan membagikan trik-trik bagaimana cara memberikan pakan untuk ikan nila supaya ikan nila-nya cepat membesar.
pakan ikan nila

Banyaknya pertanyaan dari teman-teman tentang pakan apa sih sih yang terbaik untuk ikan nila, maka saya langsung bereaksi cepat untuk mencari solusi agar permasalahan mereka bisa terselesaikan.

Sifat makan

Ikan nila sendiri merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki pola makan bersifat omnivora artinya ikan nila akan memakan segalanya, kualitas pakan yang baik akan menunjang proses terjadinya pertumbuhan pada ikan buruknya kualitas pakan juga akan berdampak negatif pada kegiatan budidaya ikan.

Nah, Saya akan membantu teman-teman memberikan sebuah tip-tips Bagaimana membuat ikan nila agar cepat membesar. Oke Langsung saja jangan kemana-mana teman-teman harus menyimak dengan seksama dan kami sarankan agar tidak melompat-laompati supaya teman-teman bisa mendapatkan ilmu dengan penuh.



1. Cacing Sutera

cacing sutera pakan ikan

Cacing sutera (Tubifex sP) merupakan  pakan alami yang sangat penting dalam budidaya ikan. biasanya cacing diberikan untuk budidaya ikan hias, sebab protein yang tersimpan dalam tubifek ini sangat tinggi, oleh karenanya tak ayal jika ikan hias kerap disodori dengan pakan dari tubifex ini.


Untuk ikan nila, tubifex akan sangat cocok diberikan, lantaran banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh ikan nila, dengan karena itu, ikan nila budidaya rakan akan cepat tumbuh sesuai dengan harapan kita bersama.


Nilai gizi cacing sutera

  • Protein 57 %
  • Lemak 13,3 %
  • Serat kasar 2,04%
  • Kadar abu 3,6 %
  • Lemak 7,7
2. Azola
azolla pakan ikan nila

Azzola ialah tumbuhan paku air dari suku Azzollaceae, sifat hidupnya mengapung di atas permukaan air. Penggunaan azzola sebagai pakan ikan memang belum banyak tercium oleh kalangan petani ikan. Padahal pemberian pakan azzola untuk ikan nila sangat menjanjikan,  salah satu keunggulan terbesar ialah pemberian pakan alternatif ini akan menekan pengeluara budget untuk membeli pakan.

Tak hanya itu saja, rupanya pemberian  azzola ke ikan nila juga cukup ampuh untuk menggenjot pertumbuhan ikan nila, sebab pakan alami itu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.

Apa saja kandungan yang ada dalam azolla ini?

Karbohidrat, lemak, Kandungan gizi terbesar dari azzola ialah protein, yakni sebanyak 33%.  Oleh karenanya, sangat tepat pemberian Azzola untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Namun, untuk budidaya ikan lain masih dapat diberikan juga azolla itu.

3. Pelet
umpan ikan nila

Pelet merupakan pakan ikan yang dibuat khusus dan umumnya dalam pelet sudah ada takaran nilai gizi untuk pertuumbuhan ikan, artinya segala kebutuhan ikan sudah disediakan dalam pelet, kendati demikian, Anda juga harus sadar, bahwa tinggi rendahnya nilai gizi dalam suatu pakan juga dipengaruhi oleh banderol pakan itu sendiri.


Artinya, jika Anda membeli pakan dengan harga yang murah, protein yang ditawarkan juga sejalur dengan harga. Sehingga pakan ada yang nilai proteinnya tinggi dan ada yang rendah. Saran kami, belilah pakan yang kandungan protein paling tinggi, Anda mengeluarkann biaya yang tinggi, hasil yang anda dapatkan juga tidak mengecewakan.

Kami kira cukup sekian dulu terkait "jenis pakan ikan nila agar cepat besar", semoga ini bisa memberikan angin segar bagi handai taulan yang mungkin sedang dilanda rasa bingun dalam menggali cara untuk memaksimalkan pertuumbuhan ikan rakan.

Rumus pemberian pakan pelet untuk ikan nila:

Dalam sebuah wadah ada 1500 ekor ikan nila dengan ukuran 10-20 gram/ekor.
Rata-rata bobot ikan → (10+20)/2 = 15 gram/ekor.
Perhitungan pakannya  adalah → 15 x 1500 x 3% = 675 gram = 6,75 kg per hari
Cek pertumbuhan bobot ikan setiap dua minggu untuk menyesuaikan jumlah pakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel