Labarin dan Fungsinya pada Ikan

Ikan labirin atau Anabantoidei merupakan ikan yang memiliki organ labirin di dalam tubuhnya sehingga ikan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara di atas permukaan air.

"alat bantu pernafasan ikan"
Labirin pada organ tubuh ikan ini adalah sebuah alat pernapasan tambahan pada ikan berupa lipatan-lipatan epithelium pernapasan. alat tambahan ini merupakan turunan dari lembar insang pertama.

Labirin terletak pada suatu rongga di belakan atau di atas insang. Dengan adanya alat tambahan ini, ikan mampu hidup serta bertahan di perairan yang kurang oksigen, asalkan permukaan perairan terdapat udara bebas.

Hal ini terjadi lantaran pada habitat alamnya sewaktu-waktu bisa terjadi kondisi di mana kandungan oksigen dalam air berkurang atau memang tak tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga ikan-ikan yang memiliki labirin bisa dengan lancar beradaptasi dengan berbagi kondisi air dan lingkungan dan memiliki daya tahan yang baik.
 
Misalkan ikan guramih, ikan lele dan ikan gabus. Ikan yang hidup di tempat berlumbur memiliki labirin yang merupakan perluasan insang, berbentuk lipatan berongga yang tidak teratur. Labirin memiliki pembuluh darah kapiler yang mampu mengambil oksigen langsung dari udara.  Udara ditampung di rongga labirin saat akan muncul di permukaan air.

Kalau ikan labirin tidak punya kesempatan mengambil okesigen langsung dari udara bebas karena permukaan air tertutup sama sekali maka ikan akan mati

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel