9 Jenis Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar, Ampuh...!

Dalam usaha budidaya ikan, pakan memegang peranan penting dalam kesuksesan usaha budidaya, begitu juga dengan budidaya ikan lele, faktor yang sangat mempengaruhi  terhadap pertumbuhan ikan adalah pakan, pakan juga mengambil bagian paling besar dari segi modal dan juga kelangsungan hidup ikan.

Biasanya 60 persen biaya produksi diarahkan untuk pakan, dan 40 persen lainnya untuk hal-hal lain. Dengan demikian para pembudidaya ditintut harus jeli dan piawai dalam mengurus masalah pakan.
Ikan lele sendiri adalah jenis ikan carnivora (pemakan daging) dan memiliki kebiasaan makan pada malam hari atau juga disebut (nocturnal) ikan lele begitu aktif soal makan, ia mampu memakan segala jenis daging.
"pakan alternatif ikan"

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya terkait jenis pakan ikan lele yang bagus, kami di sini akan mencoba menawarkan angin segar dengan memberikan formulasi dan jenis-jenis pakan yang baik untuk pertumbuhan ikan lele.

Pakan ikan lele yang baik adalah yang bisa meningkatkan pertumbuhan dan hasil produksi ikan lele sendiri. Pakan lele mesti mampu memenuhi nilai rasio pemberian pakan dengan penambahan bobot tak kurang dari satu (Feed Conversion Ratio>1) Hal ini berarti,pemberian pakan sebanyak 1 kg akan menambah bobot tubuh ikan lele sebanyak 1 kg pula.

Pemilihan pakan ikan lele yang sudah masuk taraf standar adalah harus memiliki gizi lengkap, pakan harus mengandung gizi yang komplit, yakni sekitar 50% ,nutrisi pakan yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele berkisar antara 25-35% protein. 4-18%, lemak dan 10-20% karbohidrat.

Nah, Apa saja jenis pakan terbaik untuk pertumbuhan ikan lele? Mari kita simak bareng-bareng supaya bisa Anda praktekkan di rumah:

1. Keong mas

Keong mas adalah salah satu jenis pakan alternatif untuk ikan lele, kandungan nilai gizi yang tinggi menjadi alasan utama untuk  memilih keong sebagai salah satu pakan terbaik ikan lele, dalam dunia pertanian keong mas dianggap sebagai hama pengganggu yang bisa saja menggagalkan panen padi.

Bagi kita para pembudidaya ikan lele, keberadaan hama padi itu bisa menjadi berkah tersendiri, namun sebaiknya keong yang akan diberikan untuk ikan lele direbus terlebih dahulu agar benih-benih penyakit yang dibawanya bisa mati, dan aman untuk dikonsumsi oleh ikan teman-teman.

2. Ikan rucah

Ikan rucah juga memiliki gizi yang cukup tinggi, jenis pakan ini dianggap Pemanfaatan jenis Ikan Rucah dianggap petani mengandung protein tinggi sebagai komponen unsur penunjang pertumbuhan ikan lele.

Baca: 9 Rahasia Sukses Budidaya Lele di Kolam Terpal 

Namun bukan sekedar anggapan, hal itu benar adanya. Sebab para pembudidaya ikan kakap mengandalkan ikan rucah sebagai pakan harian.


3. Monggot lalat

Pemanfaatan pakan lele berupa Maggot yang berasal dari siklus telur lalat jenis Black soldier fly yang mengalami metamorphosis pada fase kedua setelah fase telur dan sebelum memasuki fase pupa yang akan jadi lalat dewasa, kandungan protein maggot dapat menyentuh angka 40 %, melebihi nilai gizi pellet buatan pabrik yang hanya sekitar 20-25 %, pakan ini mampu meningkatkan metabolisme ikan dan sangat baik dalam melawan penyakit.

4. Bekicot

Bekicot sudah lama menjadi bahan alternatif untuk pakan ikan, kandungan protein yang lengkap akan sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan, apalagi ikan lele yang sangat menyukai pakan jenis itu.

Bagi petani, kehadiran bekicot juga tak ubahnya seperti keong emas, bukan hewan yang menguntungkan. Petani ikan semestinya bisa bekerja sama memberantas hama bagi petani tumbuhan itu.
Saling bersimbiosis mutualisme, petani ikan bisa memetik manfaat yang sangat luarbiasa, ikan lelenya bisa tumbuh dengan cepat berkat pemberian bekicot tersebut.

5. Tumbuhan Azzola

Azzola ialah jenis tumbuhan paku air sejenis kiyambang memiliki penamaan ilmiah Azolla Microphylla. Tumbuhan azzola dialam tumbuh baik di saluran irigasi, di pinggir kolam serta tanah lembab.

Sejatinya Azzola ialah tumbuhan pakuan yang kini keberadaanya banyak dicari para pembudidaya ikan khusus lele untuk alternatif pakan tambahan, intensitas perburuan azola sebagai pakan ikan lele lantaran memiliki kandungan protein yang tinggi sekitar 25-35 %, maknanya, ini akan sangat bagus untuk memacu pertumbuhan ikan lele sobat.

6. Cacing Lumbricus

Menurut para ahli cacing ini  memiliki kadar protein sangat tinggi, yaitu sekitar 76 %, lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging mamalia 65% atau ikan 50 %.

7. Cacing sutra

Cacing sutra bagus untuk mempercepat laju pertumbuhan ikan lele. Jenis makanan yang satu juga masuk ke dalam kelompok pakan alami ikan.

Kelebihan yang lain, cacing sutra memiliki tektur yang lembut sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh ikan lele apalagi saat masih anakan, namun diabalik semua kelebihannya, cacing sutra bukan tidak memiliki kekurangan,  mereka akan lebih mudah membuat air menjadi tidak bersih (kotor), kendati demikian ikan lele adalah jenis ikan yang tahan di air keruh.

Namun, salah satu cara untuk meminimalisir kotornya air, alangkah lebih baik  sebelum cacing diberikan bersihkan terlebih dahulu, sehingga bakteri dan patogen juga akan sirna.

8. Jeroan Ikan

Jeroan atau bagian isi dari pencernaan ikan, punya nilai gizi sekira 50-63 % yang berfungsi sebagai unsur nutrisi penunjang pertumbuhan ikan serta mampu meningkatkan hasil panen.

9. Ampas Tahu

Banderol  ampas tahu yang terbilang murah,bisa menjadi  jalan terbaik untuk menganti biaya pakan yang tinggi. .Ampas tahu harus diolah (difermentasi dulu) sebelum diberikan untuk ikan lele

10. Limbah Unggas Peternakan

Limbah juga tak kalah baik untuk diberikan kepada ikan lele peliharaan, maka ada istilah budidaya ikan dengan sistem tomyam (budidaya ayam diatas dan dibawahnya ada kolam ikan lele)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel