Umpan Jitu Mancing Ikan Baung, Terbukti Efektif Sepanjang Masa

Memancing bisa kita definisikan sebagai kegiatan untuk bersenang-senang, kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan menggunakan umpan apa saja, namun ada beberapa ikan yang harus dipancing dengan memanfaatkan umpan-umpan tertentu, misalnya kita mancing ikan baung. Baca sampai  habis bagaimana cara membuat/mencari umpan ikan baung.

Sekilas ikan baung

Ikan baung merupakan salah satu ikan lokal yang hidup di air tawar. Ikan baung tersebar luas di Asia Tenggara, India dan Cina Selatan.

"cara mancing ikan "
Untuk di Indonesia sendiri kita dapat menjumpai ikan ini di pulau sumatra, jawa dan kalimantan. Sebenarnya baung masih berkerabat dengan ikan lele, sehingga dari bentuk memang ikan baung sedikit banyak mirip dengan lele.






Habitat ikan baung

Sebelum Anda berangkat mancing ikan baung, ada baiknya sobat tahu sekilas tentang habitat ikan baung, supaya anda tahu dan bisa menerapkan langkah yang efektif mengenai mancing ikan baung.

Di alam bebeas ikan baung menghuni, danau, rawa-rawa, situ dan waduk. Ikan ini lebih aktif dalam mencari makan di malam hari sehingga ikan ini termasuk kedalam golongan noktural.

Nocturnal sendiri bermakana hewan yang aktif mencari makan pada saat malam tiba, dia cenderung mencari makan pada malam hari, meski demikian bukan berarti ikan baung tidak makan pada saat siang hari, namun intensitasnya sangat beda, dia tidak mencari makan kala siang, namun tidak membiarkan makanan jika lewat di depannya.

Ikan bauung bisa dipancing saat malam hari, bahkan lebih bagus jika kita merujuk kepada pendapat diatas, bahwa ia aktif pada saat gelap

Ikan baung juga sering bersembunyi di liang-liang di tepi sungai atau tempat habitat hidupnya. Ikan ini termasuk dalam golongan omnivora (pemakan segala), tapi  lebih dominan memakan daging(hewan-hewan kecil).

Makanan di alam

Makanan utama baung terdiri dari ikan-ikan kecil dan insekta, sedangkan makanan anak baung adalah insekta, namun ikan ini juga mengkonsumsi remis, moluska, dan rumput sehingga ikan ini termasuk ke dalam golongan omnivora.
 
Dengan merujuk kepada fakta-fakta di atas, berikut ini deretan pakan/umpan yang efektif untuk memancing ikan baung, dan bisa langsung Anda coba sendiri:

Baca juga: Rahasia Jitu Memancing Ikan Mujair, Ssst... Jangan Sampai Orang Lain Tahu 

Pelet Udang

"umpan mancing siang"
Di luar sana tak sedikit yang telah sukse memancing ikan baung dengan menggunakan pelet udang sebagai umpannya. Sebab ikan baung adalah termasuk ikan yang begitu menggemari pelet,  apalagi pelet udang.

Tapi, seperti umpan usus, umpan pelet udang ini akan lebih baiknya lagi jika dipadukan dengan berbagai campuran bahan, misalnya; terasi, kuning telur dan jenis campuran lain yang mampu menarik perhatian ikan untuk menyambarnya.

Usus Ayam

"tangkap ikan baung"
Dari berbagai belahan dunia tahu bahwa usus ayam adalah salah satu pilihan terbaik untuk memancing ikan, lantaran usus ayam mampu mengeluarkan semerbak bau yang begitu menyengat dan mampu menarik perhatian ikan baung.

Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka usus ayam tersebut harus diolah terlebih dahulu dengan berbagai bahan campuran  seperti kuning telur itik, lemak sapi atau kambing, sehingga terciptalah umpan ikan baung yang benar benar menggoda.

Cacing 
"umpan ampuh mancing ikan"

Dalam dunia pemancingan ikan, cacing bisa kita katakan "umpan maut" bagi si ikan target, hingga dunia ini jadi sampai matahari menampakkan wujudnya di sebelah barat, cacing masih menjadi primadona untuk unpan pancing ikan, untuk mendapatkan cacing pun bukan hal yang sulit, cukup bermodalkan cangkul Anda bisa menggalinya di dekat rumah.

Ikan baung sangat menggemari umpan cacing, tak ayal banyak rekan-rekan kita yang berhasil mendapatkan ikan dengan memanfaatkan cacing sebagai umpannya

Berikut ini daftar umpan ikan baung lainnya yang bisa Anda pilih:

•    Jangkrik
•    Cebret
•    Ulat Daun Pisang
•    Kroto
•    Laron

Mengenai cara pemasangan umpan, Anda bisa melakukannya sesuka hati atau bagaimana biasanya yang Anda terapkan (bebas).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel