Ikan Koi Tidak Mau Makan, Apa yang Harus Kulakukan?

Penyebab ikan koi tidak mau makan- Di zaman yang serba komplit ini, budidaya ikan koi sudah sangat akrap bagi para pengusaha ikan.

Biasanya ikan koi dipelihara didalam kolam yang cantik, aquarium dan beberapa wadah yang bisa langsung memperlihatkan pesona kecantikan ikan koi.


koi masuk ke dalam salah satu kelompok ikan hias yang paling banyak dipelihara, kecenderungan budidaya ikan koi karena sudah trend jaman dan ada pula tujuannya untuk urusan ekonomi (diperjualbelikan).

Baca: Jangan Salah, Ini Dia Jenis Ikan Koi Terbaik di Dunia

Bukti paling dekat, mereka orang kaya yang memiliki rumah bertingkat tak lengkap rasanya bila tak dipadukan dengan kolam ikan cantik di halamannya yang siap membuat mata enak saat memandangnya, biasa isinya tak jarang adalah ikan mas koi, alasannya begitu simpel. Ya, lantaran ikan itu mudah dipelihara dan memiliki warna serta bentuk tubuh yang begitu menggoda.

Dibalik ke-exotisannya fisik ikan dari jepang itu, bukannya tak ada masalah dalam keberlansungan kehidupan pelihara ikan koi tersebut, ada beberapa faktor yang membuat si empunya panik serta kehabisan akal, salah satu kendalanya adalah ikan koi tidak mau makan.

Mendapati hal ini Anda langsung bertanya-tanya dan buka google mengetik "kenapa ikan koi gak mau makan, tolonglah google?"

Yups... Sehubungan dengan kekhawatiran Anda, kami telah menyiapkan landasan dasar penyebab ikan koi tidak mau makan, simak sebagai berikut:

1. Ikan Koi Stres
"ikan koi terbesar di dunia"

Kondisi stres pada ikan adalah momok yang mengerikan bagi para petani ikan, tak terkecuali untuk ikan hias termasuk koi. Ikan yang stress tidak mau melahap makanan hingga akhirnya jatuh sakit, sama seperti manusia, jika dalam keadaan ini biasa tidak mau makan dan gampang sakit.


  • Sebab ikan koin menjadi stres

Akibat perlakuan manusia, contoh: sering dipegang-pegang, sering diangkat, melewati transportasi jauh, kondisi lingkungan buruk, terserang patogen juga membuat ikan tidak mau makan.


  • Ciri-ciri ikan koi setres

Lemas, lesu, sering muncul ke permukaan, pergerakan  lambat dan mau tidak makan.

2. Pemberian Pakan yang Tidak Cocok

Pemilihan jenis pakan harus benar-disesuaikan dengan sifat makan ikan, misal ikan pemakan tumbuh-tumbuhan diberikan pakan daging, dia tidak mau memakannya. Makanya penentukan jenis pakan sangatlah vital untuk suatu jenis ikan, untuk ikan koi sendiri biasanya diberikan pelet yang bisa Anda jumpai di kedai-kedai pakan.

Baca juga: Cara Mudah dan Singkat Membuat Kolam Ikan Koi

Jenis pakan yang bagus untuk ikan koiSebagian dari pakan ikan koi terbuat dari bahan sayur-sayuran, roti, cacing, dan buah-buahan. Alamiahnya, pakan pakan ikan koi ada dua macam, pakan buatan dan alami

Pakan Alami yang Cocok untuk Ikan Koi
"makanan alami ikan"

Udang, cacing, ulat, sayur-sayuran semisal buah semangkan (namun ikan koi tak mau memakannya bila belum biasa, alga. Ikan koi mampu bertahan hidup hanya dengan makan alga.

Pakan yang tidak cocok:

Biji-bijian tidak cocok untuk ikan koi. Makanan seperi kacang polong dan jagung tidak dapat dicerna oleh ikan koi. Sehingga jangan memberikannya pada ikan koi.

3. Pakan yang Telah Kadaluarsa

Usahakan makanan ikan koi tidak lebih dari 3 bulan dalam penyimpanan, itu sangat penting.

"pakan ikan telah busuk"


Point penting!!! Jika masih tidak mau makan setelah beberapa hari, coba ganti air dengan air yang lebih segar, dan jika memungkinkan pindahkan ikan  itu ke aquarium terpisah serta lebih besar. Jangan mengganggu-ganggu dia

Nah itulah tiga faktor utama ikan tidak mau makan, namun yang paling kerap terjadi adalah akibat stres, karenanya usahakan untuk tidak membuat ikan stres seminimal mungkin dengan memanajemen perlakuan terhadap ikan, kualitas lingkungan dan pakan harus menjadi tumpuan titik pandang. Baik kami kita itu saja artikel ini, smoga bisa memberikan manfaat untuk anda... Thanks a lot

Baca lagilah: Cara Budidaya Ikan Koi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel