7 Alasan Penting Kenapa Ikan Naik ke Permukaan Air

Oke gan apa kabar kalian semua, apa sudah makan dan minum? Kali ini kalian berkunjung lagi ke blog kesayangan kalian, tentunya dengan satu tujuan, yakni; mencari informasi terkait kenapa ikan naik ke permukaan atau istilah lain megap-megap.

Sebelumnya kita pahamai dulu sedikit teorinya, ikan adalah hewan yang hidup di air, ikan dapat bernafas dalam air lantaran mereka memiliki insang.

Untuk lingkungan hidup, ikan bisa ditemukan di air tawar (danau serta sungai) maupun air asin (laut dan samudra). ikan juga merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm), artinya suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan suhu air ditempat dia hidup.


Ikan merupakan kelompok vertebrata yang banyak sekali jenisnya, dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 spesies di seluruh planet ini.

Mengenai morfologi, struktur tubuh ikan sebagian besar dibentuk oleh rangkanya, ada yang disebut tulang rawan sebagai penyusun tubuhnya, dan juga ada tulang sejati, untuk menggerakkan tubuh di dalam air, ikan sudah dilengkapi dengan beberapa sirip.
"ikan naik ke permukaan"

Oke, kami kira teman-teman tidak ingin mengetahui jauh lebih detil tentang ikan, namun rekan-rekan di sini hanya ingin mencari tahu kenapa ikan naik ke permukaan air, ya? Yuk simak dengan baik-baik: 

  1. Kondisi DO rendah, terutama pada  saat malam menjelang subuh  perairan kehilangan oxigen, sehingga ikan harus mengambilnya sendiri langsung dari udara.
  2. Penumpukan bahan organik di dasar kolam sehingga terjadi zona anaerob yang luas di zona dasar kolam dan terjadi akumulasi gas beracun (NH3, NO2, H2S)
  3. Perubahan pH / fluktuasi pH yg tinggi sehingga menyebabkan stress pd ikan
  4. Kondisi perairan tercemar sehingga mengurangi kadar oxigen dalam air sehingga kondisi ini membuat ikan megap-megap.
  5. suhu air terlalu panas hingga menyebabkan oxigen terlarut jadi berkurang dalam air, pada kondisi ini ikan juga mencari oxigen dari udara langsung.
  6. Terlalu padat keberadaan ikan dalam suatu perairan
  7. Serangan infeksi katup pada ingsang pada ikan itu sendiri


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel