4 Alasan Kenapa Ikan Arwana Mahal


Ikan arwana itu apaan sih?

Yups.. Ikan Arwana (Scleropages formosus) adalah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari daerah Asia Tenggara, arwana begitu dicintai oleh banyak orang, mulai dari kalangan cilik hingga dewasa sekali pun.

Ikan arwana sendiri menantongi lebih dari satu nama, ada yang menyebutnya dengan sebutan Siluk Merah atau juga “Ikan Naga”.

Hal itu tak lepas dari Ikan Arwana ini kerap dikaitkan dengan Naga dari Mitologi Tionghoa. Ikan Arwana masuk ke dalam  keluarga Osteoglossidae dan tergolong hewan purba.

Namun yang menjadi titik pertanyaan, kenapa ikan arwana itu mahal? Simak penjelasan berikut ini:

1. Ikan hias

Ikan arwana termasuk salah satu ikan hias yang paling diburu oleh pecintanya, dalam hal ini tentunya berkaitan dengan prinsip ekonomi, "barang yang dicari memiliki harga yang mahal", begitu kira-kira.

2. Tingkat pemeliharaan sulit

Barangkali ini bukan rahasia lagi, pelihara ikan arwana membutuhkan perhatian yang intens, misal seperti pengontrolan kualitas air, lampu harus selalu aktif, pemberian pakan yang benar-benar dijaga.
"ikan hias arwana"

Kualitas air haruslah bersih dan jernis secara kontinu, sebab; kualitas air yang buruk akan mempengaruhi kesehatan ikan arwana sendiri, ikan mudah strees dan penyakitpun mudah menggodanya.

3. Membutuhkan tanning

Untuk merubah warna menjadi merah, ikan arwana harus melalui tahap tanning selaama1- 1, 5 tahun. Tingkat kerumitannya pun beda-beda, ikan arwana white base (basic putih) cenderung lebih gampang di tanning.

Namun, arwana emas susah di-tanning jadi merah, namun bila sukses tanning. Sementara, dark base (basic gelap) juga tidak gampang di-tanning.

Bisa saja warna ikan arwananya jadi gosong bisa penerapan metodanya tidak tepatbila salah cara pelaksanaannya.

3. Langka

Tingkat keberadaan ikan arwana sudah semakin sulit, di tempat penjualan saja, stok ikan arwana biasanya sangat terbatas, karenanya ikan ini memili banderol yang tinggi.

4. Disukai para taipan berkantong tebal

Bukan rahasia lagi, barang-barang hias termasuk hewan yang banyak diminati oleh orang-orang berdompet tebal pastinya memiliki harga yang fantastis, walau pertamanya murah, lambat laun harganya akan merankak naik, sebab mereka mau membeli dengan berapa saja.

‌Itulah beberapa alasan utama mengapa harga ikan arwana begitu mencekik kantong yang  telah kami rangkul.

Baca: Jenis-Jenis Ikan Arwana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel