Kenapa Ikan Bisa Berenang? Ternyata Ini Alasan Ilmiahnya, Simak Baik-Baik!!!

Oke kawan-kawan seluruh penjuru tanah air, apa kabar kalian semua? Tentunya sehat-sehat saja kan, wel... mungkin ada satu pertanyaan yang masih mengembara bebas di pikiran teman-temen “ Kenapa sih ikan itu bisa berenang-kenapa ayam gak bisa?” Kan gitu.

Oke baiklah, untuk mengobati rasa penasaran yang mendalam teman-teman terkait ikan bisa berenang, kami di sini hadir sebagai solusi buat teman-teman semuanya.

Superperikanan telah menyiapkan satu artikel khusus, mengapa ikan bisa berenang. Yuk langsung ke TKP, semoda dengna ini teman-teman akan terobati rasa penasaran tentang ikan bisa berenang:

Prinsip Dasar Ikan

"alasan ikan bisa berenang"

Ikan adalah hewan yang memiliki sirip, sirip tersebut memungkinkan ikan  bergerak dalam air karena memperoleh gaya dorong dari gerakan siripnya yang lebar.

Sirip tersebut memberikan tekanan yang besar ke air ketika sirip itu digerakkan. Hal ini akan mengakibatkan ikan memperoleh gaya dorong air sebagai reaksinya. Reaksi tersebut sesuai dengan hukum III Newton.

Baca lagi: Mengenal Ikan Lele Dumbo, Lengkap dengan Gambarnya

Pada saat ikan berenang juga mengalami gaya apung/gaya ke atas pada saat berenang. Hal ini sesuai dengan prinsip Archimedes, yakni  “sebuah benda yang tenggelam seluruhnya atau sebagian dalam suatu fluida diangkat keatas oleh sebuah gaya yang sama dengan berat fluida yang dipindahkan.”

Pada saat ada kecepatan relatif antara air dan ikan, tubuh ikan akan mengalami gaya gesekfluida yang melawan gerak relatif ikan dengan arah sesuai arah alir air relatif terhadap ikan. Gaya gesek yang dialami ikan adalah gaya gesek zat alir.

Penyesuaian tekanan gas menggunakan kelenjar gas sehingga mendapatkan daya apung netral dan juga dapat naik dan turun pada berbagai kedalaman. Ketika akan menuju dasar, ikan memperkecil volumenya dengan sedikit menghirup O2.

Dan saat akan menuju ke permukaan, ikan akan memperbesar volumenya dengan menghirup banyak O2. Itulah teman-teman alasan dan penjelasan singkat mengenai “ikan bisa berenang”, kami berharap dengan Anda bsia memperoleh ilmu tambahan, dan alangkah lebih baik jika ingin berbagi, silakan klik tombil like untuk berbagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel