Ini Alasan Komplit Kenapa Ikan Bau Amis, Baca Hingga Tuntas!

Kenapa Ikan Bau Amis?- Kehidupan manusia di palnet ini tak jauh-jauh dari ikan, di dapur kita masak ikan, di aquarium pelihara ikan, di kolam juga ada ikan.

Selain daging, ikan menjadi salah satu penyumbang protein terbanyak untuk kelangsungan hidup manusia, meski begitu, di balik semua itu ternyata ikan itu sendiri masih menyisakan beberapa pertanyaan hinnga detik ini masih belum menemui jawaban yang pasti, namun kami telah merangkulnya dengan sedetail-detailnya.

Untuk memperoleh jawaban yang valid, sekarang yuk sama-sama kita simak dengan baik, jangan lewatkan satu bait pun tulisan ini:

Secara garis besar daging ikan berbau amis karena memang mudah mengalami pembusukan. Tahukah Anda jika pada dasarnya ikan itu memiliki sistem pencernaan yang begitu efektif dengan enzim yang dirancang untuk mencerna makanan yang mereka santap sebelumnya, sehingga ketika ikan tersebut diangkat dan diolah dengan kurang benar.


Enzim tersebut justru memicu dekomposi terhadap daging ikan dan muncul aroma amis ikan yang seringkali anda cium. Itulah sebabnya mengapa ikan seringkali diolah dengan mengeluarkan terlebih dahulu bagian dalam ikan yang menyimpan enzim tersebut.
"KENAPA IKAN BAU AMIS"

Lebih lanjutnya lagim, salah satu hal tambahan yang membuat ikan berbau amis adalah karena ikan sendiri memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis daging lainnya.

Di satu sisi, lemak tak jenuh ini sangatlah baik untuk dikonsumsi. Konsumsi lemak tak jenuh sendiri baik untuk kesehatan karena kandungan kolesterol yang rendah. Namun hal minusnya, berkat segala kebaikannya, teryata lemak tak jenuh yang dimiliki ikan itu lebih mudah teroksidasi yang pada akhirnya akan menimbulkan bau tengik dan bau amis dari ikan yang hendak anda olah.

Oleh karena itu, pada dasarnya ikan sendiri memang merupakan sebuah bahan makanan yang harus segera anda olah berhubung jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama justru akan membuat kualitas dagingnya jelek dan membusuk.

Teknik penyimpanan dalam es, kemudian pemberian bumbu masak serta dibersihkannya organ dalam ikan menjadi langkah-langkah sederhana untuk mempertahankan kesegaran ikan dan menghindari bau amis ikan dalam waktu yang sedikit lebih lama.

Itulah penyebab kenapa ikan itu bau amis, rekan-rekan sekalian mulai sekarang sudah mengantongi informasi seputaran bau khas ikan tersebut, jika ada yang menanyakan maka begitulah jawabannya, yuk share artikel ini, berbagi itu inda!!! see you...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel